Duel Catur Raffi Ahmad vs Grand Master Irene Sukandar Catat Rekor MURI

Ari Kurniawan | 10 April 2021 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Raffi Ahmad bertanding catur melawan Grand Master Irene Sukandar. Tapi ini bukan pertadingan catur biasa. Tidak dilakukan di dalam ruangan, duel kali ini justru digelar Sirkuit J99 Maxx Drift, Lippo Village, Karawaci, Kabupaten Tangerang. 

Melibatka pebalap nasional Akbar Rais, Danny Ferdito, dan owner J99 Corp Gilang Widya Pramana, pertandingan ini mengkolaborasikan dua olahraga, yakni catur dan balap mobil.

Akbar Rais dan Gilang Widya Pramana selaku pecetus acara berhasil memecahkan rekor nasional dan dunia atas rekor Pertandingan Catur Pertama dalam Mobil Drifting. 

Duel catur Raffi Ahmad dan Grand Master Irene Sukandar yang dilakukan di dalam mobil drifting bersama pebalap nasional Akbar Rais dan Danny Ferdito.

“Kejuaraan ini membuktikan bahwa GM Irene Sukandar merupakan seseorang yang profesional karena, bermain catur selagi di mobil drifting akan mengalami banyak distraksi sehingga sangat sulit untuk tetap fokus dan konsentrasi” ucap Akbar Rais.

Selama kurang lebih 10 menit Irene Sukandar bertanding catur melawan Raffi Ahmad di dalam mobil drifting, Irene menyuruh asistennya yang duduk berada di depan Raffi untuk menggerakan bidak caturnya, dan setiap Raffi bermain pun asisten Irene akan menjelaskan melalui handy talky kepada Irene namun. Walaupun berusaha untuk tetap fokus tidak lama Irene menawarkan nilai seri (draw) kepada Raffi Ahmad, karena Irene sempat merasa pusing saat dibawa di dalam mobil drifting bersama Akbar Rais, sehingga dalam acara ini tidak ada pemenang.

Ide melakukan duel catur ini berawal dari obrolan Irene, Kaisar Jenius dengan Akbar Rais seorang drifter dan juga pemilik sekolah drifting J99XAR. Hingga akhirnya acara ini pun terwujudkan dan memiliki penghargaan MURI. Pertandingan catur antara Raffi dan Irene pun berujung tayang di YouTube Rans Entertainment.Raffi memegang bidak hitam, menghadapi Irene yang berada di posisi menyerang dengan bidak putih, mengawali permainan dengan langkah E4. Lebih dari sepuluh menit pertandingan berjalan, Irene yang berada di dalam mobil drifting akhirnya menawarkan draw, dan diterima oleh Raffi. 

"Pusing banget, aku nahan mau muntah," ujar Irene saat keluar dari mobil. Raffi, yang di luar perkiraan dapat menahan imbang dan memaksa sang Grand Master bermain selama lebih 10 menit, mengakui kehebatan Irene. 

"Aku salut sama Grand Master, yang sudah dapat memperkirakan langkah selanjutnya dalam papan catur yang dia mainkan, bahwa dia selangkah lagi kalah," ujar Raffi Ahmad. 

Seri duel catur Irene Kharisma Sukandar berhasil mencapai rekor saat Grand Master putri itu melawan Raffi di Ahmad. 

"Ini adalah rekor catur pertama di dalam  clickrift car," ujar Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo, usai pertandingan yang disiarkan di saluran YouTube RANS Entertainment.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait