120 Tempat Karaoke Tutup, Ini yang Dilakukan Inul Daratista untuk Tambah Pemasukan

Romauli | 2 Agustus 2021 | 21:24 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pedangdut Inul Daratista terimbas pandemi covid-19. Semua usahanya yang tersebar di berbagai daerah, dari gerai karaoke sampai restoran, tak ada lagi yang beroperasi alias tutup total. Ia pun harus melakukan pengurangan karyawan demi bisa bertahan.

"Sedih, sih karyawannya udah enggak ada. Total 120 cabang (karaoke Inul Vizta) tutup. Karyawannya 7 ribu lebih, lho. (Restoran) kemarin sempat buka. Buka tutup buka tutup akhirnya tutup. Nyerah," cerita Inul dikutip dari kanal YouTube Uya Kuya TV, Selasa (3/8).

"Kalau buka enggak sesuai pendapatan, nombok buat bayar gaji pegawai. Belum lagi maintenance dan lain sebagainya. (Uang) habis buat itu. Dipikir-pikir enggak dapat untung. Untungnya masih bisa bantu pekerja. Tapi, kok lama-lama enggak kuat juga. Akhirnya tutup aja," sambungnya. 

Pandemi sudah membuat bisnisnya hancur-hancuran. Tanpa pemasukan, perawatan terhadap peralatan karaoke, sofa, dan lain sebagainya tetap harus dilakukan agar tidak rusak. Biaya yang dikeluarkan untuk itu disebut Inul tidak kecil. Syukurnya, Inul tidak kenal kata menyerah. 

"Sedih, sih karena kondisinya. Tapi mau enggak mau harus terima karena teman-temanku yang lain sama kondisinya juga begitu. Cuma, kan kondisinya karaoke aku terbanyak di Indonesia. Jadi mau enggak mau harus kerja keras sekarang," bilang pemilik goyang ngebor yang berdomisili di kawasan Pondok Indah Jakarta.

Terus putar otak untuk mencari penghasilan lain, Inul usaha kecil-kecilan. Selain mengisi beberapa acara rutin di layar kaca. Hasilnya, bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membayar gaji karyawan yang ada. 

"Aktivitas aku UMKM aja. Aku jualan rawon, baju. Banyak, sih. Harus kreatiflah. Alhamdulullah lancar semua. Kalau kita mau usaha, peluang pasti ada," kata istri Adam Suseno yakin. 

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait