Dilelang, Lukisan Karya Iwan Fals Terjual Rp 500 Juta ke Sandiaga Uno

Ari Kurniawan | 18 Agustus 2021 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangkaian perayaan hari jadinya yang ke-31, SCTV menggagas aksi sosial bertajuk “Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary”, yang melibatkan sejumlah pemain sinetron hingga musisi dan pesohor Tanah Air yang akan memeriahkan Malam Puncak HUT SCTV 31

Salah satunya musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals secara sukarela mendonasikan sebuah lukisan abstrak hasil karyanya untuk dilelang. Lukisan itu dibuat Wan selama berada di rumah pada masa pandemi Covid-19. Lelang terbuka diumumkan resmi melalui program berita Liputan 6 pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 dan berakhir pada 16 Agustus 2021.

Bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada hari Selasa, 17 Agustus 2021, lewat program spesial SCTV, HUT RI “76thn Yuk Indonesia Bisa” pemenang Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary milik Iwan Fals pun diumumkan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berhasil memberikan penawaran tertinggi untuk lukisan milik Iwan Fals dengan harga Rp 500 Juta.

“Saya ingin menjadi bagian proses lelang supaya dapat memberikan semangat dan motivasi untuk terus berkarya. Iwan Fals sangat multitalenta, tidak hanya menciptakan lagu-lagu yang melegenda tapi juga mampu menciptakan lukisan yang indah dan sangat membanggakan. Jangan dilihat berapa nominalnya, tapi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah atas sebuah karya ekonomi kreatif. Semoga hasil penjualan ini juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," harap Sandi, yang berencana memajang lukisan karya Iwan Fals di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif supaya lebih banyak orang yang dapat menikmati karya Sang Living Legend.

Sebelumnya, Iwan Fals mengatakan lukisan tersebut merupakan temannya saat membunuh waktu selama berada di rumah saja. “Ini merupakan rekaman perasaan saya mulai dari sedih dan gembira yang saya tuangkan. Saya percaya kepada Allah yang akan memberikan petunjuk dan saya percaya setiap warna juga punya cerita. Saya tidak bisa melakukan banyak hal untuk membantu penanggulangan COVID-19, jadi lewat rekaman perasaan saya inilah saya coba membantu," tuturnya.

Seluruh hasil penjualan lukisan milik Iwan Fals dan sejumlah artis yang terlibat dalam Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary akan disalurkan langsung kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Beberapa artis dan musisi lainnya yang juga terlibat di Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary diantaranya Rey Bong, Sandrinna Michelle, Giorgino Abraham, Yasmin Napper, Aqeela Calista, Rassya Hidayah, Kiesha Alvaro, Saskia Chadwick, Cinta Brian, Zoe Jackson, Antonio Blanco Jr, Hanna Saraswati, Dude Harlino, Alyssa Soebandono, Un1ty, Yuki Kato, Nassar, Judika, Rossa, Andre Taulany, dan Raffi Ahmad. 

Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary masih terus berlangsung dan pemirsa dapat ikut serta mengikuti Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary dengan terus memperbaharui perkembangan informasi Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary melalui akun resmi instagram @SCTV. Selain berkesempatan langsung untuk memiliki barang kesayangan milik artis idolanya, pemirsa SCTV juga secara langsung dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi COVID-19.

Malam Puncak HUT SCTV 31 Xtraordinary yang akan berlangsung pada hari Selasa, 24 Agustus 2021, pukul 17.30 WIB.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait