Deretan Publik Figur hingga Anggota DPR yang Menolak Saipul Jamil Kembali di Televisi

Rara Dwi Citra Selasa, 7 September 2021 14:30:57
Penyambutan berlebihan terhadap Saipul Jamil saat keluar penjara menuai kecaman dari berbagai kalangan masyarakat hingga publik figur. (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Penyambutan berlebihan terhadap Saipul Jamil saat keluar penjara menuai kecaman dari berbagai kalangan masyarakat hingga publik figur Indonesia. Mengingat pelantun lagu “Jangan bilang-bilang” tersebut dihukum karena melakukan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur. Ipul dianggap tidak layak tampil kembali di dunia pertelevisian dan Youtube.

Layangan surat petisi yang dibuat oleh masyarakat saat ini sudah tembus mencapai 400 ribu tanda tangan dan diyakini akan semakin bertambah. Tak hanya surat petisi, beberapa publik figur hingga anggota DPR memberikan tanggapan dan pendapatnya melalui sosial media yang mereka punya.

1. Angga Sasongko

CEO dari rumah produksi Visinema ini memberikan pernyataan melalui akun twitter pribadinya bahwa distribusi dari film “Nussa” dan “Keluarga Cemara” dengan stasiun televisi yang menayangkan Saipul Jamil akan diberhentikan. Hal ini dianggap tidak berbagi nilai yang sama dengan karya yang telah dibuat secara ramah anak.

Angga Sasongko menilai, televisi hadir untuk memberikan frekuensi terhadap publik atau masyarakat. Bukan bermodal konten, pembawa acara atau modal besar lainnya. Frekuensi yang diberikan oleh pihak televisi adalah milik publik sehingga dalam penyiaran televisi harus bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan.

2. Kemal Pahlevi

Komika Kemal Pahlevi merasa heran mengapa masih saja dunia hiburan tanah air selalu memberikan panggung untuk artis yang menuai kontroversi dan menyambut dengan bahagia

“Apa Cuma di Indonesia, mau sekontroversi apapun orangnya, udh msk penjara kek, dihujat seIndonesia, selalu habis mslhnya kelar, kyk gak ada apa2 gitu. Tau2 udah syuting tv lg. Tau2 udh ngeyoutube lg, dan penggemarnya ttp bnyk. Trending pula di youtube. Dikasih panggung mulu,” ujar Kemal Pahlevi melalui instagram pribadinya.

3. Najwa Shihab

Najwa Shihab pun ikut mengomentari mengenai hadirnya Saipul Jamil di media massa. Kehadirannya membuat masyarakat resah dan dinilai perilaku dalam kekerasan seksual akan membuat “pemakluman” atas tindakannya. Tindakan penyambutan ini sungguh disayangkan karena fenomena ini dianggap akan membuat korban akan terus menerus mengalami trauma yang tak berkesudahan.

4. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa, komika sekaligus sutradara ini juga ikut menanggapi penyambutan Saipul Jamil dengan melontarkan sindirian “bau busuk” lewat twitter-nya. Sindiran itu ditujukan untuk televisi yang menayangkan dan menghadirkan Saipul Jamil.

5. Muhammad Farhan

Tak hanya publik figur, Muhammad Farhan selaku Anggota Komisaris I DPR dibuat geger oleh kejadian penyambutan ini. Lewat instastory-nya, ia mendesak untuk segera mengesahkan RUU TPKS. Penyambutan ini dirasa terlalu dibesarkan-besarkan atau melakukan glorifikasi sehingga membuat kesan merayakan kebebasan Saipul Jamil.

Penulis: Rara Dwi Citra 


Penulis Rara Dwi Citra
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore