Chef Haryo Sakit Jantung Aorta Kronis, Seperti yang Dialami Mendiang Bondan Winarno

Supriyanto Minggu, 26 September 2021 10:00:52
Chef Haryo Pramoe saat ini sedang mendapat penanganan serius dari tim medis. (dok.Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Chef Haryo Pramoe saat ini sedang mendapat penanganan serius dari tim medis. Juru masak yang populer lewat acara Harmoni Alam di Trans TV itu diketahui menderita penyakit di bagian jantung, aorta kronis de bakey stanford type A.

Diseksi aorta merupakan suatu penyakit yang mengancam nyawa apabila tidak ditangani dengan cepat. Kondisi yang dialami Chef Haryo juga pernah dialami oleh pengamat kuliner, mendiang Bondan Winarno.

Chef Haryo mengatakan penyakit bagian jantung itu sudah dideritanya sejak dua tahun lalu. Ia juga mengaku sudah berusaha mencari pengobatan alternatif untuk kesembuhannya.

"Ya jantung saya bengkak, nah ini dalam setahun ini saya ikhtiar untuk berdamai dengan keadaan itu dan sudah ke pengobatan alternatif, bertanya ke sana ke mari, menjalani terapi, dan lain-lain," ujar Chef Haryo kepada wartawan, Sabtu (25/9).

Namun beberapa pengobatan alternatif dirasa Chef Haryo kuran mujarab lantaran sakit yang dideritanya adalah sebuah kerusakan organ.

"Tapi kalau sifatnya aorta ini sobek ya itulah dan itu emang harus diganti. Jadi bukan disembuhkan alternatif. Kalau masalah penyumbatan bisa, tetapi ini masalah kerusakan organ. Nah, itu harus diangkat dan diganti," beber Chef Haryo.

Chef Haryo juga sudah berusaha dan ikhtiar dengan segala informasi yang didapat. Ia pun merenung, memanjatkan doa untuk meminta petunjuk Sang Pencipta selama satu tahun.

"Nah, saya ikhtiarnya itu setahun dengan salat istikarah lah, melakukan kemantapan hati, ke mana ya Allah kalau aku harus operasi, kuatkanlah hatiku mantapkan hatiku untuk memilih kecondongan mana yang harus pilih dan siap kementalan saya," ungkap Chef Haryo.

Bahkan Chef Haryo mengungkap, harapan hidup  pun disebut hanya ada 70 persen.  "Karena ini adalah masalahnya operasi besar ya, bukan operasi kecil satu jam, dua jam, ini 6 jam sampai 7 jam. Dan menurut jahitan dokter bahwa, kesempatan untuk hidup itu ada sekitar 70% lah," pungkas Chef Haryo.


Penulis Supriyanto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore