Emma Warokka Buat Laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan, Kasus Apa?

Supriyanto Rabu, 6 Oktober 2021 10:30:23
Emma Waroka mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk membuat laporan. (Dok tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Emma Warokka pada Jumat (1/10) malam mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk membuat laporan. Ia melapor ke polisi karena akun Instagram miliknya yang sudah terverifikasi dengan jumlah 391 ribu follower diretas atau dibajak pihak tertentu.

Laporan diterima dengan nomor LP/1974/IX/2021/RJS. Emma Warokka melaporkan kejadian yang dialami dengan pasal 35 Jo 51 ayat 1 UU No. 19 tahun 2016 tentang pemalsuan dokumen elektronik.

Kepada wartawan, pemain FTV dan sinetron berusia 46 tahun itu menceritakan kronologi dari mana akunnya diretas orang lain.

“Iya jadi dari hari Jumat (1/10) sekitar jam setengah 3 sore aku tiba-tiba dapat DM (direct message) dari teman. DM-nya itu istilahnya kayak teman aku, ‘Ema buka deh link ini, kayaknya dipake nih foto-foto lu’, seolah-olah ada yang ngerjain Instagram gue,” beber Emma Warokka di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Emma Warokka (Dok tabloidbintang.com)
Emma Warokka (Dok tabloidbintang.com)

Penasaran dengan isi pesan tersebut, Emma Warokka pun mengikuti saran untuk membuka tautan yang diberikan.

“Coba aja buka link-nya’, tapi gue emang enggak bisa buka link tapi gue sempat klik tapi kayak ‘apaan sih kok enggak bisa, screenshoot aja deh foto apa sih’ gue juga enggak bisa nih coba pakai yang lain," tambah Emma Warokka.

Ketika link tersebut dibuka, Emma merasa ada sesuatu yang aneh pada email hingga media sosial miliknya. Adik Lia Warokka itu pun langsung panik ketika mengetahui hal tersebut.

Sampe sempat ngomong ‘apa gue bantu pakai punya gue aja ya’, kayak buying time gitu loh ada kesempatan buat dia ngehack,” jelas Emma Warokka.

“Eh bener aja lo, cuma lima menit langsung gue keluar dari IG. Gue bilang kok keluar, kita langsung ke email ganti password. Tapi IG udah keambil, tapi email selamat, Facebook ganti semua. TikTok gue ganti semua, cuman IG gak selamat,” imbuh Emma Warokka.

Betul saja, Emma menyadari Instagram miliknya diretas untuk disalahgunakan melakukan penipuan. Pelaku pun mampu meraup keuntungan dari aksinya tersebut.

“Dia kontak, DM dulu pura-pura jadi aku, minta pinjeman uang, sama langsung jualan macem-macem, masker, BH, celana dalam, yang terbaru iPhone. Dia langsung posting di IG Story seolah-olah itu aku, dan dia langsung DM, ‘aku jualan ini nih’ orang mikir itu aku kan,” pungkas Emma Warokka.

(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore