Kasus Soal Hoaks Sunny Dahye Hina Rakyat Indonesia Berlanjut ke Tahap Penyelidikan

Supriyanto Rabu, 6 Oktober 2021 23:00:23
Sunny Dahye laporkan sejumlah akun sosmed. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Sunny Dahye melaporkan beberapa akun media sosial anonim yang diduga telah menyebar hoaks, menuduhnya menghina Republik Indonesia. Melalui kuasa hukumnya, Ditho Sitompoel YouTuber keturunan Korea Selatan yang menetap di Indonesia itu membuat laporan ke Polres Metro Jakarta Utara pada 20 Agustus 2021 lalu.

Ditho Sitompoel mengungkap, hingga saat ini laporan kliennya sudah masuk tahap penyelidikan.

"Nomor : LP/B/515/VIII/2021/ SPKT/POLRES METRO JAKUT/POLDA METRO JAYA, tanggal 20 Agustus 2021 tentang Dugaan Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik dan/atau Pengancaman melalui media elektronik yang dilakukan oleh Pemilik akun Sunnyisaliar2, yang telah merugikan Sunny Dahye tetap berlanjut," kata Ditho Sitompoel kepada wartawan lewat telepon, Rabu (6/10).

"Dari Kepolisian Resor Metropolitan Jakarta Utara menyebutkan bahwa Kepolisian telah melakukan proses penyelidikan dengan melakukan pemanggilan klarifikasi saksi-saksi," tambah Ditho Sitompoel.

Selain itu, petugas juga sedang menyelidiki pelaku dibalik akun yang menyebarkan berita hoaks tentang Sunny Dahye. Ditho menambahkan, kepolisian sudah berkoordinasi dengan pihak Facebook dan Instagram untuk mengetahui siapa sosok di balik akun anonim sunnyisaliar2.

"Proses hukum tetap berlanjut dan pihak Kepolisian sudah meminta data kepada pihak Facebook dan Instagram untuk mengetahui siapa di balik akun anonim Sunnyisaliar2," terang Ditho Sitompoel.

Pemilik akun @sunnyisaliar 2 terancam Pasal yang dikenakan adalah Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) dan/atau Pasal 310 KUHPidana dan/atau Pasal 311 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 6 tahun pidana penjara dengan denda Rp. 1.000.000.000.

Ditho menegaskan, hilangnya akun @sunnyisaliar2 menunjukkan bahwa tuduhan yang disebar oleh akun tersebit tidak bisa dipertanggubgjawabkan bahkan dianggap  kabar fitnah.

Sunny Dahye (Instagram)
Sunny Dahye (Instagram)

"Setelah menimbulkan kegaduhan, pemilik akun anonim sunnyisaliar2 menghapus akunnya, ini membuktikan bahwa pemilik akun anonim sunnyisaliar2 diduga memang sengaja ingin mencemarkan nama baik Sunny Dahye," tutur Ditho Sitompoel.

"Dengan berita-berita yang tidak berdasar dan menghilang agar tidak diproses hukum, namun yang tidak diketahuinya adalah meskipun akun sunyisaliar2 sudah dihapus tetap bisa diselidiki," pungkas Ditho Sitompoel.

Awalnya akun @sunnyisaliar2 mengungkap sebuah tangkapan layar percakapan yang berisi tudingan Sunny Dahye berbohong soal konten YouTube miliknya. Akun itu juga menuduh Sunny menyebut penonton asal Indonesia bodoh.

Unggahan akun tersebut kemudian viral dan dibagikan ke media sosial lain. Sejak itu, banyak warganet yang menghujat Sunny hingga wanita asal Korea Selatan itu memilih hiatus bermain media sosial.

(pri)

 


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore