Pindah Agama Hindu, Sukmawati Sukarnoputri Hari Ini Jalani Ritual Ruwatan di Pantai

Supriyanto Selasa, 26 Oktober 2021 23:59:27
Sukmawati Sukarnoputri (dok. tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu putri Presiden RI Soekarno, Sukmawati Sukarnoputri pindah agama hindu. Proses ritual untuk menjadi penganut agama hindu sejak Senin (25/10) kemarin di Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Masih dalam rangkaian sebagai pemeluk hindu, Selasa (26/10) Sukmawati akan melakukan upacara ruwatan atau penglukatan di pantai. Namun acara tersebut digelar tertutup untuk umum. Kabar tersebut dikatakan Penglingsir Pasek Bale Agung, Jro Made Arsana sekaligus penanggung jawab upacara.

"Ada acara ruwatan tanggal 26 nanti sore di pantai. Besok baru ada acara seremonial. Tidak ada (mengundang) orang. Tidak mengundang siapapun hanya acara keluarga. Iya tertutup," kata Arsana ke0ada wartawan.

Arsana mengungkap, Sukmawati memang sudah lama meliki niat untuk pindah agama menjadi seoang penganut hindu. Arsana menambahkan, Sukmawati juga sebelumnya diketahui banyak belajar aoal agama hindu.

"Jadi penuturan dari saudaranya atau anak-anaknya dari ke lima saudaranya. Ini memang dilihat Sukamawati sudah (ingin) ke Hindu. Apalagi dia (Sukmawati), pernah menikah dengan di Keraton kejawen sudah lama, dia sudah mendalami Hindu," jelas Arsana.

Selain itu, acara ritual ruwatan atau penglukatan digelar tepatan pada hari ulang tahun Sukmawati ke-70.

"Sekarang momentumnya, bertepatan dengan hari ulang tahun dia pada tanggal 26 Oktober yang ke-70. Jadi, kami di Balai Agung dimintakan bantuan untuk upacara ini. Kami sudah siap," pungkas Arsana.

Diah Mutiara Sukmawati Sukarnoputri lahir di Jakarta, 26 Oktober 1951. Sukmawati juga merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri, mantan presiden Indonesia. Sukmawati memutuskan pindah agama ke Hindu mengikuti agama neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai di Bali.


Penulis Supriyanto
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore