1 Tahun Berlalu, Apa Kabar Kelanjutan Kasus Video Asusila 19 Detik Gisel dan Nobu?

Indra Kurniawan | 3 November 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah 1 tahun berlalu sejak video asusila 19 detik beredar luas di media sosial awal November 2020, status tersangka dua pemerannya, Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu de Fretes tampaknya tak ada perkembangan berarti. Apakah sudah dilimpahkan ke Kejaksaan? Kapan disidang?

Pada 6 November 2020, jagat media sosial dihebohkan oleh beredarnya video asusila Gisel dan Nobu. Awal dikonfirmasi media, Gisel yang sedang berlibur ke Sumbawa bersama sejumlah artis membantah pemeran perempuan dalam video itu adalah dirinya. Apalagi itu bukan kali pertama namanya dikaitkan dengan video asusila.

Dua hari setelahnya, pada 8 November 2020, pengacara Putra Romadoni Nasution melaporkan beberapa akun media sosial yang diduga menyebarkan video asusila yang kala itu diduga mirip Gisella Anastasia ke Polda Metro Jaya, hingga menjadi viral seantero Indonesia. Polisi bergerak cepat menangkap terduga pelaku penyebaran yang berinisial PP dan MN.

Saat pemeriksaan, dua terduga pelaku penyebaran menyebut nama Gisel. Lewat pemeriksaan maraton, Gisel dan Nobu akhirnya ditetapkan menjadi tersangka pada 29 Desember 2020. Polisi mengatakan, Gisel mengakui pemeran dalam video 19 detik itu dirinya. Video itu direkam di sebuah hotel di Medan pada 2017, saat Gisel masih berstatus istri Gading Marten.

Gisella Anastasia dan Nobu dijerat dengan Pasal 4 Ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 8 Undang Undang Nomor 44 tentang Pornografi dengan ancaman hukuman paling ringan 6 bulan penjara dan maksimal 12 tahun penjara. Hanya saja berdasarkan pertimbangan penyidik, Gisel tidak ditahan dan hanya diberlakukan wajib lapor setiap Senin dan Kamis.

Dari empat tersangka kasus video asusila 19 detik, baru tersangka penyebaran yang menerima vonis. Oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 13 Juli 2021, PP dan MN divonis 9 bulan penjara dan denda Rp 50 Juta atau subsider 3 bulan penjara. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni satu tahun penjara.

Dua tersangka lainnya, Gisella Anastasia dan Nobu sampai saat ini masih bebas berkeliaran. Status tersangka yang melekat pada mereka tampaknya tak berdampak pada eksistensi mereka baik di media sosial dan kehidupan sehari-hari. Khusus Gisel endorse terus berjalan dan semakin bejibun. Masih banyak produk yang menggunakan jasa Gisel untuk memperkenalkan produk mereka masing-masing.

Pihak-pihak yang di awal gencar menyatakan siap mengawal kasus video Gisel dan Nobu hingga tuntas tampaknya kini tak terdengar lagi suaranya. Menariknya, sejak kasus tersebut mencuat jumlah pengikut akun Instagram Gisel meningkat pesat.

Terpantau tabloidbintang.com dari socialblade, dari November 2020 hingga Oktober 2021, akun Instagram mendapat sekitar 3,7 juta pengikut baru. Tertinggi dicapai pada November 2020 sebanyak 868 ribu pengikut. Total Instagram Gisella Anastasia memiliki 34,4 juta. Unggul dari Luna Maya yang memiliki 31,6 juta pengikut. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait