Cerita Andika Kangen Band Hampir Nyerah karena Narkoba, Pilih Beli Ganja daripada Rekaman

Supriyanto Minggu, 28 November 2021 09:00:23
Andika Kangen Band mengaku hampir salah jalan dan terjerumus narkoba. (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Andika Kangen Band mengaku hampir salah jalan dan terjerumus narkoba. Ia tak pernah bercita-cita menjadi seorang musisi apalagi sebagai artis terkenal. Pasalnya pria asal Lampung bernama asli Andika Mahesa itu lebih memilih membeli narkoba ketimbang uangnya untuk biaya rekaman.

Kisah tersebut dibagikan Andika Kangen Band saat menjadi bintang tamu di podcast milik Gofar Hilman. Andika Mahesa mengungkap pernah kehilangan Kangen Band saat mendekam di penjara karena narkoba saat awal band tersebut populer.

"Gue masih gila narkoba, gele (pakai ganja) terus gue. Jadi orang berpikirnya, ini rekaman bayar, Rp 300 ribu, zaman dulu Rp 300 ribu besar, tahun 1998, habis krisis moneter. Dalam hati gue, 'kita rekaman ngapain? Ngapain gue rekaman, enak gue beli gele," ungkap Andika Kangen Band di channel YouTube Gofar Hilman, Jumat (26/11).

Andika Kangen Band (Seno/tabloidbintang.com)
Andika Kangen Band (Seno/tabloidbintang.com)

Andika masih ragu untuk memutuskan, antara ngeband atau untuk menghisap ganja. Namun saat itu Andika Kangen band mendengar ajakan Dhody yang membuatnya tertarik karena iming-iming bayaran besar jila sukses.

"Ngapain gue rekaman? Jadi artis enggak, jadi masa depan enggak'. Suatu ketika, Dodhy sudah rekaman. 'Lu mau enggak bayar?', katanya. 'Nanti ganti vokalisnya lu', 'gue bilang, gue mendingan beli gele daripada gue rekaman', 'oh ini besar pendapatannya', 'besar dari mana?', 'nanti kalau lagu kita tenar, kita bakal manggung di kafe'," terang Andika Mahesa lagi

Hingga akhirnya lagu Kangen Band yang diyanyikan Andika populer dan mendapat tawaran dari label besar. Mirisnya, Andika justru sedang mendekam di penjara karena kasus narkoba jenis ganja.

Saat itu tahun 2005,  Kangen Band atau Dodhy cs tengah ikut audisi di sebuah label musik. Ada juga beberapa band lain mengaku bahwa mereka lah Kangen Band yang asli.

Namun, tujuh band yang mengaku Kangen Band tidak diterima di label itu. Alasannya karena suara mereka tidak sama seperti yang ada pada lagu Kangen Band. Sementara itu, Dodhy cs ikut audisi dan lolos. Namun, pihak label tak mudah percaya karena suara Dodhy tidak mirip.

Dodhy akhirnya menjelaskan bahwa penyanyi sebenarnya adalah Andika Mahesa yang sedang berada di penjara karena kasus narkoba.

"Jadi begitu mereka di label, dites, suaranya tidak sama. Akhirnya yang kedelapan itu percaya karena Dodhy liriknya benar, chord benar, dites Dodhy. Ternyata begitu Dodhy nyanyi, enggak sama suaranya.  Di situlah Dodhy jujur," terang Andika.

Setelah itu, pihak label musik datang ke dalam penjara untuk menemui Andika Mahesa. Saat itu mereka membawakan gitar untuk Andika Mahesa bernyanyi.

"Datanglah ke penjara, ini para produser. Sampai ke penjara, lu tahu enggak? Kayak Indonesia Mencari Bakat. Mereka bawa gitar, gue disuruh nyanyi. Kayak enggak percaya sama gue," pungkas Andika Kangen Band.

(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore