Pradikta Wicaksono 2 Tahun Tekuni Olahraga Free Diving, Sempat Hampir Blackout di Dalam Air

RIK | 6 Desember 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di luar aktivitasnya bermain musik dan film, Pradikta Wicaksono atau Dikta, vokalis grup Yovie & Nuno punya kegiatan lain yang menjadi hobinya. Hampir dua tahun belakangan, pria 35 tahun itu menekuni olahraga free diving.

Dikta mengakui awalnya hanya iseng mencoba olahraga tersebut. Terlebih, temannya memiliki sekolah free diving di Jakarta yang membuatnya tertarik untuk mencoba. Tak disangka, olahraga tersebut membuatnya ketagihan.

"Free diving saya kayaknya sudah mau 2 tahun. Awalnya saya iseng, coba-coba, kebetulan temen saya yang punya sekolah free diving di Jakarta, terus saya iseng, saya pengin tahu apa nih free diving? akhirnya saya ikut, akhirnya ketagihan," ucapnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin.

Ketertarikan Dikta pada salah satu olahraga ekstrem itu pun akhirnya diseriusi. Ia kini sudah memiliki lisensi menyelam bebas untuk mendukung hobinya tersebut.

"Sudah dapat license, baru saja dapat.  Karena orang melihatnya, 'ah menyelam menyelam aja', tetapi free diving termasuk olahraga ekstrem yang berbahaya kalau nggak tau tekniknya, teorinya, cara melakukannya sangat berbahaya sih. Tetapi kalau kita tahu, melakukan sesuai dengan prosedur yang bener, aman," paparnya.

Hampir dua tahun menjalani hobinya itu, Dikta pun mengaku sudah berkeliling mengunjungi beberapa tempat diving terbaik di Indonesia. Bahkan, ia juga pernah mengalami insiden meski tak membuatnya kapok untuk melakukannya lagi.

"Blackout itu common, blackout karena hipoksia. Cuman pas dibuka maskernya sadar lagi. Saya waktu itu hampir balckout. Saya nahan napas terlama 5 menit, pas ketika berdiri, 'woi', tapi abis itu nggak apa-apa," pungkas Dikta.

Penulis : RIK
Editor: RIK
Berita Terkait