Status Gunung Semeru Siaga, Basuki Surodjo Berhasil Lelang Sepeda Rp310 Juta untuk Korban Erupsi

Supriyanto Jumat, 17 Desember 2021 23:59:18
Basuki Surodjo atau Raja IT bersama dengan selebgram dan pengusaha Putra Siregar, menyalurkan bantuan kepada korban erupsi gunung Semeru. 

TABLOIDBINTANG.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari level dua atau waspada kini menjadi level tiga atau siaga pada Kamis (16/12) setelah mengeluarkan Awan Panas Guguran atau APG sebanyak 3 kali yakni pukul 09.01 WIB, 09.30 WIB dan pukul 15.42 WIB dengan jarak luncur hingga 4,5 Km.

"Status Gunung Semeru naik dari waspada menjadi siaga. Karena kemarin APG turun sampai 4,5 sehingga PVMBG menaikkan statusnya menjadi siaga," ujar Kepala BPBD Lumajang, Indra Wibawa Leksana pada wartawan, Jumat (17/12).

Indra pun mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari puncak Semeru. Warga juga diminta tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara, yakni di kawasan Besuk Kobokan sejauh 13 Km.

Hingga saat ini, ribuan warga terdampak erupsi Gunung Semeru masih berada di pengungsian yangi tersebar di 115 titik. Posko Tanggap Darurat melaporkan warga di pengungsian tengah membutuhkan tempat tidur matras, kasur lipat serta bantal dan guling. Selain itu, mereka juga memerlukan perlengkapan mandi, pakaian dalam baru, susu balita dan ibu hamil dan galon air baru.

Sebagai bentuk kepedulian dengan rasa kemanusiaan, Rabu (16/12) kemarin Basuki Surodjo atau Raja IT bersama dengan selebgram dan pengusaha Putra Siregar, menyalurkan bantuan kepada korban erupsi gunung Semeru. 

Basuki Surodjo yang akrab dipanggil Cobaz, melalui Yayasan Cobaz Ayoopeduli @ayoopedulidotcom memberikan bantuan Rp310 juta kepada korban erupsi Semeru dari hasil lelang sepeda miliknya.

Aksi sosial ini terlaksana melalui kegiatan lelang sepeda pribadi milik Basuki Surodjo secara online di akun Instagram @basukisurodjo pada 6 Desember 2021. Banyak yang tertarik hingga mengeluarkan harga penawarannya.

Mulai dari pengusaha hingga Rizky Billar yang membuka dengan nilai 40 juta. Lelang yang berdurasi 1x24 jam ini akhirnya ditutup dengan penawaran tertinggi dari Putra Siregar senilai Rp310 juta.

Cobaz juga menegaskan saat ini masih menunggu informasi dari tim lapangan serta bupati Lumajang, namun rencananya bantuan dari lelang sepeda akan disalurkan untuk renovasi rumah ibadah dan mushola

Selain itu, Putra Siregar juga akan memberikan bantuan 100 TV beserta perabotnya yang Insya Allah akan bermanfaat untuk saudara-saudara yang terdampak erupsi gunung Semeru.


Penulis Supriyanto
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore