Hanya 7 Kali Kemoterapi, Pelawak Qomar Sembuh dari Kanker Ganas Stadium 4C

Indra Kurniawan | 12 Januari 2022 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pelawak senior Nurul Qomar dinyatakan telah sembuh total dari kanker ganas stadium 4C. Hanya dengan menjalani kemoterapi, tim dokter di sebuah rumah sakit terheran-heran dengan kondisi Qomar. Apa kunci kesembuhannya?

Qomar divonis mengidap sakit kanker ganas di pencernaan usus besar dan halus pada pertengahan tahun lalu. Kanker tersebut terdeteksi usai Qomar memeriksakan kesehatannya kepada dokter ahli. Akibatnya, Qomar harus BAB lewat pinggang, dibuatkan lobang stroma. 

Dari enam bulan yang direncanakan untuk kemoterapi, tim dokter menyatakan Qomar sembuh total usai menjalani proses kemoterapi ke-7. Qomar mengucap syukur telah sembuh dari kanker ganas. 

"Setelah melakukan proses kemoterapi, dua minggu sekali di RSUD. Diinfus selama 2 malam 3 hari dan pada waktu kemoterapi ke-6 dari programnya sampai 12 kemoterapi, dokternya bilang, 'Pak Haji kami akan tes CT Scan bagaimana kondisi di dalam.'," cerita personel grup lawan 4 Sekawan dikutip dari kanal YouTube SULE Channel.

"Di-CT Scan, proses, alhamdulillah surprise. Tim dokter juga surprise sekali. Bangga dan senang sekali lihat hasilnya. 'Pak Haji selamat, kami senang sekali lihat hasil CT Scan ini, bersih sudah dari sel kanker ganasnya," tambahnya.

Ia dinyatakan sembuh total setelah kemoterapi ke-7. Hanya saja, karena sudah komitmen, ia tetap melakukan kemoterapi hingga tuntas. 

"Dari hasil sel kankernya bersih sampai kemoterapi ketujuh, tapi mental saja, saya teruskan kemoterapi sampai 12 kali biar tuntas." jelasnya. "Hanya dalam 7 kali kemoterapi, alhamdulillah sembuh total," akunya. 

Sangat jarang terjadi menurut Qomar bisa sembuh total saat telah mencapai stadium 4C. "Jarang terjadi apalagi sudah stadium 4C, tertinggi. Hanya dalam waktu tujuh kali kemoterapi alhamdulillah." 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait