Wasiat Dorce Minta Jenazah Disalatkan Sebagai Wanita Tidak Terkabul

Supriyanto | 16 Februari 2022 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keinginan terakhir Dorce Gamalama disalatkan dan dimakamkan sebagai seorang wanita tidak bisa terkabul. Rabu (16/2) siang sebelum dimakamkan di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, jenazah sempat disalatkan di masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Tidak seperti pada umumnya, salat jenazah untuk Dorce Gamalama dilaksanakan di luar masjid. Jenazah yang meninggal akibat Covid-19 tetap berada di dalam mobil ambulans dengan ditutup peti warna putih.

"Jadi jenazah tetap dalam mobil. Kan kita mensalati jenazah Covid-19 itu kan saya sudah sering, tapi jenazahnya tetap di dalam mobil jadi biar dia senang lah disolatin di sini beliau," kata Imam Masjid Al Hayyu, Anan Muhajir.

Tangis putri Dorce, Fatimah juga pecah. Dalam keadaan menangis Fatimah berharap agar Dorce dibukakan pintu maaf.

"Saya Fatimah untuk semua yang sudah hadir terima kasih banyk minta doanya untuk mama, Mohon dibukakan pintu maaf jika ada salah," tutup Fatimah menangis.

Sebelum salat jenazah dimulai, Anan Muhajir mewakili keluarga menyampaikan bahwa Dorce Gamalama disalatkan secara laki- laki.

 "Sebelum dimakamkan, kita salatkan jenazah Dedi Yuliadi Ashadi bin Ahmad semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya," ucap Anan.

Salat jenazah dilakukan dua kali. Yang pertama untuk kerabat kemudian kedua khusus anak-anak dan juga keluarga Dorce Galalama

Usai salat, imam dan jamaah yang hadir mengucapkan tahlil dan tahmid. Mereka juga membacakan doa untuk mengiringi kepergian Dorce Gamalama ke pangkuan Sang Khalik.

Imam salat juga meminta kesaksian dari para pelayat bagaimana almarhum semasa hidup.

"Tentunya almarhum sebagai manusia biasa pasti banyak melakukan kesalahan kita sama sama bersaksi apakah almarhum orang baik?,” tanya sang imam salat.

"Baik," jawab para pelayat.

Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2) pukul 07.30 WIB di RS Pertamina Simprug, Jakarta Selatan. Dorce dipastikan meninggal karena keganasan Covid-19 dengan disertai komorbid atau peyakit bawaan. Dorce diketahui memiliki riwayat penyakit gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia. Namun dikatakan Hetty, Dorce juga menderita demensia alzheimer. Di mana, daya ingatnya berkurang dan sering kali mengalami kebingungan.

Dorce saat menjadi bintang tamu di channel YouTube Boy William sempat mengatakan soal keinginan dimakamkan sebagai perempuan. Menurutnya dirinya selama hidup dihabiskan sebagai seorang wanita.

Dorce juga mengaku telah meninggalkan pesan ke anak dan menyiapkan tempat peristirahatan abadinya dengan kain kafan yang juga sudah disiapkan.

Dorce Gamalama terlahir sebagai seorang laki-laki bernama Dedi Yuliardi Ashadi  di Solok, Sumatera Barat pada 21 Juli 1967. Nama panggung Dorce diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait