Pengalaman Paling Menyedihkan Citra Scholastika Pindah dari Papua

Indra Kurniawan | 8 April 2022 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak yang tak tahu Citra Scholastika pernah tinggal di Papua. Tidak sebentar. Delapan tahun lamanya Citra yang lahir dan besar di Yogyakarta hidup di luar Pulau Jawa. 

Kepindahan Citra ke Papua bukan tanpa alasan. Mei 1998 saat Yogyakarta kurang kondusif, Citra yang saat itu berusia 4 tahun dipindahkan oleh ayahnya ke Kota Timika, Papua. Kebetulan ayah Citra bekerja di PT Freeport. 

"Tahun 1998 sempat ada kerusuhan, akhirnya papaku menentukan kalau aku dan namaku harus di Papua. Jadi aku harus terpisah sama kakak-kakakku," cerita Citra dikutip dari kanal YouTube Merry Riana, Jumat (8/4). 

"Kakak-kakakku tinggal di Sumatera Selatan. Karena memang mereka udah duluan sekolah di sana, jadi mereka enggak mau pindah," sambungnya. 
 
Delapan tahun di Papua tanpa sanak saudara, Citra memiliki pengalaman yang tak akan mungkin terulang. Tak seperti di Yogyakarta, Citra di Papua akhirnya merasakan menyantap yang namanya ulat sagu. 

"Aku punya masa kecil yang indah banget di Papua dan aku rasa pindah dari Papua pada waktu itu pengalaman paling menyedihkan. Aku suka banget sama budaya di sana. Kuliner dan alamnya luar biasa. Dan aku suka banget orang-orangnya. 

"Orang-orangnya sangat genuine, sederhana dan mereka punya semangat juang sangat luar biasa. Walaupun ada beberapa kali perang suku tapi pengalaman itu berkesan sekali kalau sekarang diingat," lanjutnya mengenang.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait