Baru Pulang Umrah, Ibnu Jamil Ceritakan Suasana Jalani Ibadah Ramadan di Tanah Suci

RIK | 25 April 2022 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati baru saja menyelesaikan ibadah umrah di bulan Ramadan. Menurut Ibnu Jamil, melakukan wisata religi ke Tanah Suci di bulan Ramadan ternyata bukan hal yang sejak awal ia dan sang istri rencanakan.

Ibnu Jamil menuturkan jika sedianya rencana untuk melakukan perjalanan umrah pasca menikah sudah lama tercetus. Sayangnya, kala itu rencana mereka terhalang oleh pandemi Covid-19. Kini, saat situasi sudah mulai mereda, mereka pun bersyukur bisa merealisasikan niatan tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan.

"Sebenarnya ini (umrah) perjalanan yang gue mau rencanain sama Ririn, cuma waktu itu pandemi. Alhamdulillah sekarang semakin membaik, dapatnya pas Ramadan dan katanya pahalanya berlipat-lipat," kata Ibnu Jamil.

Terkait perjalanannya tersebut, ayah satu anak itu pun berbagi cerita seru. Menurutnya, menjalani Ramadan di Tanah Suci memberikan suasana yang amat berbeda. Ia pun mengaku amat terkesan dengan apa yang dirasakan selama perjalanan.

"Enak banget (puasa sambil umrah), buka puasa aja nikmat banget, cuma pakai air zamzam dan kurma. Gue paling suka buka pauasanya di Masjid Nabawi, ramai-ramai tuh satu baris, wah. Buka puasa lihat langit transisi dari terang ke gelap itu nikmatnya luar baisa, sambil dengar azan," paparnya.

Tak sampai di situ, Ibnu juga tak lupa menceritakan bagaimana perbedaan aktivitas masyarakat di sana selama bulan Ramadan. Berdasarkan cerita yang didapat dan apa yang dialami langsung, Ibnu Jamil menyebut jika suasana malam di Arab Saudi selama Ramadan sangat meriah.

"Orang Arab kalau puasa agak berubah kehidupannya. Jadi malamnya hidup, pagi ke siang tidur. Jadi habis salat subuh biasanya masih pada tutup toko, nanti buka lagi ba'da zuhur," tutupnya.

Penulis : RIK
Editor: RIK
Berita Terkait