Menanamkan Sifat Lembut Hati dan Toleransi Lewat Gerakan IndonesiaSerasi

tabloidbintang.com | 20 Mei 2022 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa tahun belakangan perbedaan politik, agama, budaya, ras, dan suku mulai jadi benih konflik, permusuhan, dan kebencian di antara sesama warga negara dan anak bangsa. Saling menghina dan caci-maki dalam bentuk verbal maupun tulisan, sudah memenuhi ruang publik di dunia maya. Perilaku kasar dan kekerasan fisik pun sudah biasa terjadi di berbagai tempat. 

Dilatarbelakangi keprihatinan inilah akhirnya digagas sebuah gerakan dengan tagar #IndonesiaSerasi. Gerakan berskala nasional ini bertujuan untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z. Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun.

#IndonesiaSerasi memilih musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan-pesan yang dimaksudkan, karena musik bersifat universal-musik bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun. Untuk itu sudah disiapkan sejumlah lagu yang akan diviralkan satu demi satu selama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. 

Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai. Lagu-lagu berikutnya akan dirilis secara bergiliran di platform yang sama, dan masih diadaptasi dari lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen ulang. Penggunaan lagu-lagu daerah itu selain dimaksudkan untuk memopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia, juga dimaksudkan sebagai simbol persatuan seluruh budaya Indonesia dalam bingkai NKRI. 

Selain didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia, gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani. Kemudian ada juga dukungan dari sejumlah tokoh agama hingga artis-artis Indonesia, seperti Ustadz Das’ad Latief, Habib Husein Ja’far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain. 

Untuk lebih menggaungkan gerakan ini, ribuan remaja dan pemuda Indonesia nantinya akan dilibatkan dalam gerakan ini, dengan cara mengajak mereka membawakan lagu-lagu tersebut, membuat kreasi video-clipnya, lalu mengunggah di akun media sosial mereka masing-masing. Hadiah-hadiah menarik akan diberikan kepada mereka yang karyanya dinilai paling bagus.  

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait