5 Fakta Seputar Ratu Elizabeth II yang Jarang Diketahui Publik

Ari Kurniawan | 10 September 2022 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratu Elizabeth II berpulang. Ia mengembuskan napas terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia, di usia 96 tahun.

Berikut ini sejumlah fakta seputar Ratu Rlizabeth II yang jarang diketahui orang, seperti dikutip dari The Associated Press, Jumat (9/9).

1. Memiliki Hari Ulang Tahun Ganda

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926, namun terkadang masyarakat bingung untuk mengetahui kapan harus merayakannya.

Tidak ada hari yang ditetapkan secara universal untuk "ulang tahun resmi" - itu adalah hari Sabtu pertama, kedua atau ketiga di bulan Juni, dan diputuskan oleh pemerintah.

Di Australia, ulang tahunnya dirayakan pada hari Senin kedua bulan Juni, sedangkan di Kanada, dirayakan pada hari Senin baik pada atau sebelum tanggal 24 Mei, hari ulang tahun Ratu Victoria.

Hanya ratu dan orang-orang terdekatnya yang merayakan ulang tahunnya yang sebenarnya dalam pertemuan pribadi.

2. Pecinta Anjing Corgi

Ratu Elizabeth II sangat menyukai corgi. Mendiang Putri Diana dilaporkan menyebut anjing-anjing itu sebagai "karpet bergerak" ratu karena mereka menemaninya ke mana-mana.

Dia memiliki lebih dari 30 ekor anjing corgi selama bertahun-tahun. Dia juga memiliki dua "dorgis" - persilangan dachshund dan corgi - bernama Candy dan Vulcan.

Ratu Elizabeth II difoto memeluk salah satu anjing pada 1936 di usia 10 tahun, dan diberi corgi bernama Susan untuk ulang tahunnya yang ke-18. Trah anjing ini diperkenalkan ke keluarga kerajaan oleh ayahnya, Raja George VI, pada tahun 1933, ketika dia membeli seekor corgi jantan bernama Dookie dari kennel lokal.

Sebagai ratu, ia juga secara teknis memiliki ribuan angsa bisu di perairan terbuka Inggris, dan memiliki hak untuk mengklaim semua ikan sturgeon, paus, dan lumba-lumba, menurut undang-undang dari tahun 1324.

3. Raja Tertua dan Terlama dalam Sejarah Inggris

Ratu Elizabeth II, yang menandai 70 tahun bertakhta pada tahun ini, adalah raja tertua dan terlama dalam sejarah Inggris. Pada September 2015 ia melampaui nenek buyutnya Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun tujuh bulan.

Pada tahun 2016, Ratu Elizabeth II juga menjadi raja yang paling lama memerintah di dunia dengan kematian Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand. Pada tahun 2022, ia menjadi raja terlama kedua dalam sejarah dunia, di belakang Raja Prancis abad ke-17 Louis XIV, yang naik takhta pada usia 4 tahun.

Selain Elizabeth dan Victoria, hanya empat raja lain dalam sejarah Inggris yang memerintah selama 50 tahun atau lebih yaitu George III (59 tahun), Henry III (56 tahun), Edward III (50 tahun) dan James VI dari Skotlandia (58 tahun).

4. Sekolah di Rumah (Home Schooling)

Seperti kebanyakan kaum bangsawan pada masanya dan sebelumnya, Ratu Elizabeth II tidak pernah bersekolah di sekolah umum dan tidak pernah bertemu dengan siswa lain. Sebaliknya, dia dididik di rumah bersama Margaret, adik perempuannya.

Di antara mereka yang mengajarinya adalah ayahnya, bersama dengan seorang guru senior di Eton College, beberapa pengasuh Prancis dan Belgia yang mengajarinya bahasa Prancis, serta Uskup Agung Canterbury, yang mengajarinya tentang agama.

5. Nomor 230873

Selama Perang Dunia II, Putri Elizabeth muda secara singkat dikenal sebagai No. 230873, Subaltern Kedua Elizabeth Alexandra Mary Windsor dari Auxiliary Transport Service No. 1.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan izin orang tuanya agar dapat melakukan sesuatu untuk upaya perang, pewaris takhta Inggris itu akhirnya belajar cara mengemudi dan melayani ambulans serta truk. Dia naik ke pangkat Komandan Junior kehormatan dalam beberapa bulan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait