Yayan Ruhian: Silat Itu Mirip Wayang dan Batik

Wayan Diananto | 19 Februari 2016 | 14:34 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bintang film The Raid dan Star Wars The Force Awakens, Yayan Ruhian (47) terpilih menjadi brand ambassador Elite Club Epicentrum, Jakarta. Bagi Yayan, pencapaian ini melempangkan jalannya untuk memperkenalkan olah raga pencak silat kepada masyarakat melalui kelas-kelas yang dibuka di pusat kebugaran tersebut. Pencak silat, seni tradisional Indonesia yang bisa dikemas secara modern.

“Sayangnya, tak sedikit masyarakat yang melihat pencak silat lalu membandingkannya dengan hal-hal lain dari luar negeri. Semoga, ketika diperkenalkan di pusat kebugaran, pencak silat akan lebih dipandang dan dihargai. Silat itu mirip wayang dan batik. Kita tahu wayang dan batik, warisan budaya leluhur. Ironisnya baru dipandang unik dan dihargai saat yang membatik atau mendatang orang bule,” ujar Yayan Ruhian ditemui di Epicentrum, Jakarta, pekan ini.

Ia berharap dibukanya kelas silat di pusat kebugaran membuat masyarakat bangga kepada silat. Pencak silat itu prinsipnya bukan menyakiti tapi menjaga diri. Dalam keadaan terdesak, melumpuhkan yang berupaya menyakiti kita. Olah raga ini mengajarkan kita bahwa inisiatif menjaga diri itu mestinya datang dari disi sendiri. Kemudian, menjaga orang lain.

“Kalau boleh sedikit berpromosi, dalam pencak silat, ada empat unsur yakni olahraga, bela diri, seni, dan mental spiritual. Ini olah raga yang paket lengkap,” pungkas Yayan Ruhian.

(wyn/ray)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait