Setelah Bertemu Meryl Streep, Mata Reza Rahadian Kian Terbuka

Wayan Diananto | 7 Maret 2016 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah mendengar jawaban Meryl Streep akting, Reza Rahadian termenung. Ia kemudian mengingat banyak aktor di Indonesia tampil terlalu teknis. Akibatnya, kentara sekali para aktor itu sedang melakukan pretending (pura-pura) menjadi orang lain.

Dengan peka terhadap lingkungan sekitar, seorang aktor bisa menyuguhkan akting yang membuat penonton merasa terhubung dengan film. Kemudian penonton merasa dekat dengan karakter yang dimainkan sang aktor. Itulah akting yang berhasil.
    
"Hari itu, saya belajar lagi. Mata saya terbuka. Dari Meryl dan pengajar lainnya, saya belajar rendah hati. Dalam sistem produksi film, posisi saya ternyata begitu kecil sehingga tidak boleh jemu belajar lagi dan lagi. Seorang aktor harus menggali lagi dan lagi," Reza Rahadian mengenang.

Baca: Reza Rahadian Ikut Master Class Bersama Bintang Hollywood Meryl Streep!

Reza Rahadian kemudian teringat ketika suatu hari seorang direktur program Festival Film Venice bertanya, "Reza, kamu ngapain ikut Berlinale Talent Campus? Ini, kan buat aktor-aktor yang sedang belajar?" Ia menjawab, "Saya memang mau belajar. Di luar sana ada banyak sekali yang mesti dipelajari."

Lawan main Acha Septriasa di film Testpack: You're My Baby percaya bahwa kesempatan akan terus datang. Maka seseorang harus menyiapkan diri setiap hari agar ketika kesempatan itu mendadak datang, ia siap. Di Berlinale, Reza tidak hanya mendapat ilmu. Di sana ia juga mendapat kesempatan.
    
"Di sana saya bertemu beberapa produser dan sutradara dari negara lain. Salah seorang produser dari Montreal Kanada bilang begini: saya punya naskah, apakah kamu berminat? Ada dua naskah yang alurnya bagus sekali. Dalam waktu dekat saya mengikuti audisi jarak jauh. Doakan semoga saya lolos kasting dan jadwal syutingnya cocok," demikian Reza berharap.

Baca: Reza Rahadian dari Masa ke Masa

Reza Rahadian berada di Berlin dari tanggal 11 sampai 20 Februari 2016. Setibanya di Tanah Air, ia tidak punya banyak waktu untuk beristirahat. Maklum, sepulang dari Berlin, Reza langsung bersiap syuting film Rudy Habibie bersama sutradara peraih dua Piala Citra, Hanung Bramantyo.

(wyn/adm)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait