Kisah Detri Warmanto Menjadi Ayah: Memberi Susu kepada Anak Jam 3 Pagi!

Wayan Diananto Sabtu, 1 Maret 2014 07:15:57
Detri Warmanto. (Wayan/BION)

TABLOIDBINTANG.COM - APA kabarnya Detri Warmanto (27)? Bintang sinetron Kepompong ini rupanya sudah membina rumah tangga dengan Karunia Putri Pari Cendana pada 1 Desember 2012.

Tidak perlu menunggu lama, Detri-Karunia diberi momongan. Bayi perempuan bernama Kalila Ashalina Putri Warmanto lahir pada 10 November lalu. Sejak jadi ayah, Detri punya tradisi baru. Setiap hari, Detri memberi susu kepada anak pukul 3 dini hari. Mengapa jam 3 pagi? Inilah cerita Detri sebagai daddy!

"Saya menikah pada 1 Desember 2012 dengan Karunia Putri. Dia bukan dari kalangan selebriti. Tidak butuh waktu lama, kami langsung dikaruniai anak. Pada 10 Februari, si kecil genap tiga bulan," demikian Detri membuka obrolan. Menyenangkan menjadi seorang ayah. Yang jelas tiga bulan terakhir Detri kurang tidur. Jika dini hari Kalila terjaga dan menangis, ia bertugas menenangkan.

Tiga bulan ini ia belajar bahwa si kecil baru bisa tidur kalau kenyang. Karenanya, Detri dan istri berbagi tugas dan berkomitmen memberikan ASI eksklusif. Karena kucuran ASI tidak stabil, Karunia rutin memompa ASI. Kalau volume ASI sedang melimpah, ia membuat stok lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik dan diberi label tanggal. Kalau si kecil bangun dini hari, giliran Detri bangun untuk memberi Kalila ASI sampai buah hatinya bersendawa. Sendawa, kata Detri, pertanda kenyang.

Bangun jam 3 pagi
Kalau sudah kenyang, Kalila terlelap. "Kalau sudah lelap, saya berhenti memberi susu dan kembali ke ranjang. Itu terjadi setiap hari biasanya jam 3 pagi," akunya. Tak mudah bagi kepala keluarga untuk bersedia bangun jam 3 pagi. Maklum, pada jam itu, orang sedang nyenyak-nyenyaknya. Kalau sedang nyenyak, lalu terdengar suara rengekan, tak jarang emosi meluap.

"Saya mau marah juga tidak mungkin, lha wong itu anak saya. Sering kali saya bangun dalam kondisi gusar, tapi begitu melihat anak sendiri, gusar langsung hilang. Tiga minggu membiasakan diri memberi susu, lama-lama terbiasa. Hari pertama, rasanya enggak sanggup bangun jam 3. Tetapi sudah berbagi tugas dengan istri, jadi mesti ikhlas," terang aktor kelahiran 31 Oktober itu.

Sebagai kompensasi, sang istri mengizinkan Detri bangun jam 10 atau 11 siang. Ia menolak jika disebut terlalu memaksakan diri demi ASI eksklusif. Selagi masih bisa diusahakan, tidak ada alasan untuk tidak memberi ASI. Justru ASI eksklusif adalah simbol kasih sayang orang tua kepada anak sejak lahir. Detri dan Karunia mengupayakan ASI setelah berkaca dari pengalaman kerabat.

"Keponakan saya memberi anaknya susu formula. Si anak jadi gampang sakit-sakitan. Apalagi pada musim hujan (dengan cuaca ekstrem) seperti sekarang. ASI itu imun alami. ASI kalau ditaruh di freezer bisa awet sampai setengah tahun. Kalau ditaruh di kulkas (bukan di freezer) bisa tahan 3 bulan. Jadi kalau istri bisa bikin stok ASI, kenapa tidak?" imbuhnya.


Ritual lain, mengajak si kecil jalan-jalan pagi sembari mencicipi sinar matahari. "Yang harus diperhatikan, iklim sekarang beda jauh dengan iklim 15 tahun yang lalu. Dulu, saat sekolah, orang tua dan guru merekomendasikan saya merasakan sinar matahari jam 9 atau 10 pagi untuk mendapat asupan vitamin D. Sekarang jam segitu yang ada hanya ultraviolet. Maka, si kecil sesekali diajak merasakan sinar matahari sebelum jam 8 pagi," pungkas Detri.

(wyn/ade)

Penulis Wayan Diananto
Editor -
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.