Vanda Rainy Kagum dengan Budaya Disiplin Orang Jepang

Andira Putri | 30 September 2016 | 22:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak awal tahun ini, Vanda Rainy terpilih sebagai model TVC Pariwisata kota Sapporo, Jepang, hasil kerja sama K-Vision dengan pemerintah kota Sapporo. Tugasnya sebagai model pariwisata membuat Vanda Rainy kerap mengunjungi kota Sapporo. Beberapa kali berkunjung ke Sapporo, Vanda Rainy jadi memperhatikan kebudayaan orang Jepang.

Ada satu kebudayaan Jepang yang membuat Vanda Rainy sangat kagum di antara sekian banyak budaya lain. "Budayanya disiplin. Aku senang banget mereka tuh kalau waktunya kerja, mereka kerja. Kalau waktunya istirahat, mereka istirahat," tutur Vanda Rainy ketika bertandang ke kantor tabloidbintang.com, Jumat (30/9).

Budaya disiplin tersebut dirasakan sendiri oleh Vanda Rainy ketika dia akan syuting iklan di kota Sapporo. "Mereka bilang, 'besok pagi syuting ya jam 7 pagi' dan benar dong, pintu kamarku sudah diketok jam 7 kurang 5 menit. Mereka memang on time banget," kata Vanda Rainy yang waktu itu terburu-buru karena telat bangun pagi. Tidak hanya di negara sendiri, budaya disiplin orang Jepang juga terbawa hingga ke negara asing.

Vanda Rainy lanjut bercerita jika pengalaman serupa pernah ia alami saat bekerja dengan orang Jepang di Indonesia. "Selama beberapa kali, aku pernah bekerja sama orang Jepang. Mereka kalau waktu break, benar-benar break. Waktu itu, aku pernah nggak kemana-mana ketika break dan hanya duduk diam saja di ruangan. Mereka lalu mengajak aku, 'ayo makan'," ujar mantan model majalah remaja ini.

Selain budaya disiplin, Vanda Rainy juga kagum dengan tata kota Sapporo. "Tata kotanya bagus mungkin ya. Kotanya rapi dan bersih banget," tutup Vanda Rainy.

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait