Fairuz A Rafiq: Rhoma Irama Bilang, Suara Saya Mirip Camelia Malik

Wayan Diananto | 10 Desember 2016 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak cerita di balik pembuatan single “Eish” milik Fairuz A. Rafiq (30). Lagu itu diciptakan Rhoma Irama khusus buat Fairuz A. Rafiq. Fakta itu membuat Fairuz A. Rafiq kaget dan bertanya kepada diri sendiri, bisakah membawakan ciptaan Si Raja Dangdut? 

Hal itu disampaikan Fairuz A. Rafiq saat menjalani sesi pemotretan bersama tabloidbintang.com, Jumat (9/12) kemarin. Ia mengatakan, menyanyikan lagu karya Rhoma Irama itu tidak susah.     
 
“Tapi, susah banget,” seru Fairuz. Apalagi, suara Fairuz bukan tipikal yang mendayu-dayu. “Sebelum take vokal di studio, suara saya diuji oleh Rhoma Irama. Dia bilang: suara kamu ini kalau dibandingkan dengan penyanyi senior, seperti suara Camelia Malik. Mirip Mia (Camelia). Karakter vokalnya lebih fleksibel dan sangat mungkin masuk ke ranah pop,” lanjutnya. 

Saat diberi tahu hal itu, Fairuz A. Rafiq nyaris tak percaya. Fairuz merasa kualitasnya masih jauh jika dibandingkan dengan pencetak hit “Wakuncar” itu. Masih banyak kekuarangan yang mesti dibenahi. Itu sebabnya, Fairuz butuh waktu setengah tahun untuk mempelajari karya Rhoma Irama secara detail. Intinya, ia tidak mau mengecewakan Rhoma dan almarhum ayahnya, A. Rafiq.

“Beliau dan almarhum papa sangat dekat. Bagi saya, 'Eish' ini bukan sembarang lagu. Lagu ini memiliki visi membangkitkan kembali kualitas musik dan lirik dangdut. Lagu ini memberi tahu masyarakat seperti ini lo lagu dangdut tulen sebenarnya,” Fairuz menukas. 

(wyn/ari)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait