Rizky Hanggono Memperkenalkan Kata "Penis" dan "Vagina" Kepada Anak

Wayan Diananto | 23 Desember 2016 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun depan, genap satu dekade pasangan Rizky Hanggono (36) dan Roro Maheswari Yakti (34) menikah. Keduanya, telah dikaruniai dua anak laki-laki, Rayan Aditya Rasyid (8) dan Raufan Danadipa Ihsan (3).

Banyak hal yang dipelajari Rizky setelah menjadi ayah. Di antaranya, saat si sulung menjadi sangat kritis, menanyakan hal-hal tak terduga. Pernah, suatu kali Rayan bertanya mengapa alat kelamin laki-laki dan perempuan berbeda. Apa jawaban Rizky dan Roro?

Pertanyaan si sulung membuat Rizky-Roro kerepotan menjelaskan. Namun, pasangan yang menikah pada 9 September 2007 ini membuat kesepakatan. Ketika si sulung bertanya tentang seks, Rizky menggunakan kata biologis. Bukan kiasan seperti “burung”. 

“Saya menggunakan kata 'penis' dan 'vagina'. Saya menjelaskan bahwa organ intim laki-laki dan perempuan berbeda. Saya beri tahu si sulung bahwa ia lahir melalui vagina. Kalau adik, lahir dengan cara perut ibu dioperasi. Itu disebut operasi caesar,” urai Rizky kepada Bintang di Jakarta Selatan, minggu lalu.

Ketika anak-anak bertanya soal organ vital, Rizky menjelaskan sebatas nama, perbedaan, dan fungsi. Ia tidak menjelaskan bagaimana janin muncul dan tumbuh dalam perut.     

Menurut Rizky, itu terlalu rumit untuk dicerna anak usia delapan tahun. Hal lain yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak-anak, organ vital merupakan wilayah pribadi. Orang lain tidak boleh menyentuh kecuali ia sendiri dan orang tua. Saat pergi ke dokter misalnya, kemudian dokter memeriksa dan memegang organ intim, itu harus dengan sepengetahuan ayah dan ibu. 

“Jika mereka memaksa (untuk memegang organ intim), kamu harus berteriak. Lawan. Jika ia menyerang, kamu harus menyerang balik,” Rizky menasihati anaknya. 

(wyn/gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait