Hijrah Jadi Pendakwah, Boy Hamzah Siap Tinggalkan Dunia Artis

Yohanes Adi Pamungkas | 25 Desember 2016 | 07:00 WIB

Boy Hamzah (27) yang dikenal lewat sinetron  7 Manusia Harimau (7MH) mengambil keputusan besar yang mengejutkan banyak orang.  

Boy siap  meninggalkan dunia hiburan yang telah melambungkan popularitasnya. Boy  mendapatkan  hidayah menjadi pribadi yang lebih taat beribadah. Ia  meninggalkan urusan dunia dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Penampilan suami dari Rina Amalia ini sekarang berbeda. Rambut gondrong yang menjadi identitasnya Boy dipangkas pendek. Boy memakai peci penutup kepala dan baju muslim berwarna biru.

Jenggotnya memanjang. Kakinya beralaskan sandal.  Gaya bicara pemeran Humbalang di 7MH, ini  lebih tenang saat bercerita tentang perubahan hidupnya.

“Saya sekarang sedang berdakwah, berdakwah itu bukan dilakukan oleh ustaz saja, yang bukan ustaz seperti saya boleh berdakwah karena mengajak orang berubah ke jalan yang benar,” bilang Boy berseru-seru. 

Sekitar pertengahan tahun 2016 lalu hati Boy mulai terbuka. Ia merasa dirinya seorang penganut agama Islam yang tidak taat.

“Saya ini orang yang banyak dosanya, “Saya orang Islam tetapi Islam KTP,” beber pemeran Michael dalam film Marmut Merah Jambu.

Boy memberikan contoh, saat sedang menjalankan syuting sinetron, ketika mendengar suara Azan untuk salat, Boy malah meneruskan pekerjaan.

“Kalau saya salat dan berhenti bekerja nanti teman dan sutradara di lokasi syuting marah dan  tersinggung. Saya tidak memiliki kekuatan untuk meminta izin salat,” Boy mengenang masa-masa itu.  

Boy memaklumi jika semua orang yang berada di lingkungan syuting sinetron, orang-orang yang bekerja dan membutuhkan uang.

“Kita semua memang mencari uang tapi ketika akhirnya saya mencoba untuk meminta izin salat justru pertentangan itu muncul, sutradara mengatakan salat itu bisa ditunda dulu karena syuting mau selesai, sampai dibilang bekerja itu ibadah juga,” Boy bercerita.

Kondisi itu membuat pergulatan batin dalam diri Boy. Ia merasa kondisi tersebut sudah salah. “Suasana sudah tidak nyaman lagi” tegasnya. 

Sinetron 7 Manusia Harimau New Generation berakhir tayang.  Sementara Boy belum syuting lagi. Paman Boy datang menghampirinya berkali-kali ke rumah. Ucapan sang paman membuat Boy semangat untuk berubah ke jalan yang benar.

“Paman  bercerita tentang nilai-nilai agama Islam, bagaimana caranya mendekati Tuhan. Saya lalu menangis dan merasa kalau saya  selama ini jauh dari kebaikan agama,” katanya panjang lebar. 

Boy akhirnya diperintahkan pamannya untuk pergi ke sebuah masjid di kawasan Puncak, Bogor. Selama 3 hari untuk 24 jam non stop belajar agama Islam dan melakukan i'tikaf di masjid itu.

“Tengah malam saya dibangunkan untuk salat, awalnya saya marah, mata saya melotot dan tidak mau melakukannya, pelan-pelan saya berubah sampai sekarang,” ujar  ayah 2 anak ini.

Selesai i'tikaf, Boy menjadi manusia baru. Ia lebih religius.

“Saya juga pernah meninggalkan istri dan anak selama 40 hari melakukan i'tikaf dan hati saya menjadi nyaman,” Boy mengisahkan kan perjalanan spritualnya.

 

(han/gur)

 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait