Giring Ganesha Bicara Tanggung Jawab Sepanjang Hayat Sebagai Ayah

Wayan Diananto | 13 Januari 2017 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lahirnya Zidane menguatkan hubungan Giring dengan Cynthia hingga seperti sekarang. Chemistry itu terbangun alami. Zidane menjadi rekan Giring kala jenuh dan ketika bermain PlayStation. "Punya anak cowok itu seperti punya teman main gim," tutur bintang film Sang Pencerah.

Sejak menjadi ayah, Giring sangat hati-hati dan penuh pertimbangan. Giring bilang, menjadi ayah tanggung jawab sepanjang hayat. Ada banyak hal yang patut diperhatikan pada setiap aspek kehidupan agar si kecil tak salah langkah, salah jalan. Salah satunya, saat si kecil mengakses internet lewat tablet atau ponsel. Diakui Giring, internet kaya manfaat. Namun, tak sedikit mudaratnya. Apalagi belakangan, internet dijejali berita palsu atau hoax.

Ketika anak-anak mengasup informasi kemudian langsung menganggapnya sebuah kebenaran, itu bahaya. Penting bagi orang tua mendampingi anak-anak saat mengakses internet. Giring punya dua siasat untuk menyelamatkan anak-anak dari berita palsu. Pertama, mengajari mereka untuk membaca dulu beritanya. Kedua, mengecek sumber beritanya. 

"Kalau sumbernya dari media blog atau situs yang saya sendiri tidak tahu, jangan langsung dipercaya. Lakukan dulu cek silang dengan media lain yang kredibilitasnya sudah teruji. Itu penting untuk membedakan ini berita benar atau kabar palsu," terangnya.

Membaca dan melakukan cek silang. Giring membudidayakan itu kepada anak-anak. Suatu hari, Zidane memberi tahunya, "Ayah, ada karakter baru di gim Overwatch!” Giring tak kontan ikut antusias. "Saya minta Zidane mengecek dulu, apa itu dari situs resmi gim yang bersangkutan," ungkap Giring. Itu salah satu kiat sederhana untuk mengajari anak membaca hingga tuntas dan melakukan cek silang.

Sementara Aisha dan Jasmina belum seterampil si kakak dalam mengakses informasi. Giring mencermati minat mereka. Aisha misalnya, terang-terangan bilang kepada ayahnya ingin menjadi penyanyi. "Saya membekali Aisha dengan skill untuk bermusik dulu sebelum melantun suara. Kalau Jasmina masih saya telusuri. Yang khas dari si bungsu, rambutnya keriting. Maklum, saya dan Cynthia juga keriting. Gen keluarga kami keriting," pungkasnya. 

(wyn/yb)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait