Najwa Shihab: Rasa Galau Itu Harus Dipelihara

Wayan Diananto | 13 Februari 2017 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak hanya Endah N Rhesa yang meramaikan festival Mocosik, Membaca Musik Menyanyikan Buku di Jogja Expo Center Yogyakarta. Hari ini, Selasa (13/2), presenter Najwa Shihab (39) naik panggung. Bukan untuk memandu program melainkan menjadi bintang tamu talk show Mocosik. 

Sementara pemandu talk show tersebut justru penyanyi yang selama ini kerap menjadi bintang tamu, Tompi dan Glenn Fredly. Dalam talk show itu, Najwa Shihab memperkenalkan buku Catatan Najwa seraya mengajak masyarakat terus membaca buku. Najwa mengatakan, hasrat mencari pengetahuan (lewat buku) itu berasal dari kegalauan.

"Saya selalu galau. Rasa galau itu harus dipelihara karena dengan galau saya berbuat, mencari, dan menemukan jawabannya," beri tahu Najwa Shihab di Yogyakarta. Berdasarkan pengalaman Najwa Shibab, jawaban itu acapkali didapat saat ia membaca buku. Karenanya, Najwa mengajak masyarakat membaca buku setiap hari. Tak usah lama-lama. Cukup 20 menit perhari.

Duta Baca Indonesia itu mengingatkan, aktivitas membaca tidak hanya memperluas pengetahuan. Najwa menyebut setidaknya ada dua manfaat lain dari membaca. "Membaca membuat saya bahagia dan membuat hidup lebih berkualitas. Saya teringat sebuah penelitian di Amerika Serikat yang menyebut bahwa dengan membaca 6 menit saja itu membuat otak lebih relaks dan tenang. Manfaat kedua, membaca membuat kita tidak cepat pikun. Ketika membaca ada syaraf di otak kita yang bekerja dan terangsang. Dengan begitu, ia terus diasah mengasup sebuah materi kemudian merekamnya di memori otak kita," Najwa Shihab menukas.

Ketika pengetahuan itu sewaktu-waktu dibutuhkan, maka memori otak yang telah merekam banyak hal menyodorkan sejumlah pengetahuan.

(wyn/yb)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait