Agatha Suci: Jangan Komentar Aneh-aneh Soal Anak Saya

Wayan Diananto Senin, 27 Pebruari 2017 08:15:13
Agatha Suci, alumni Indonesian Idol musim pertama (Wayan/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Penyanyi Agatha Suci (31) dulu dikenal dengan Suci “Idol”. Suci alumni Indonesian Idol musim pertama. Ia satu angakatan dengan Joy Tobing dan Delon. 

Kini, Agatha Suci telah menikah dan dikaruniai dua anak yakni Kahlia Adinda (6) dan Arsa Nuraga (4,5). Kedua anak Agatha Suci berkebutuhan khusus. Kahlia menyandang autism spectrum disorder. Sementara Arsa mengalami speech delay. Membesarkan buah hati berkebutuhan khusus memiliki tantangan tersendiri.
    
Agatha Suci mencontohkan, “Kalau kami ke mal, lalu si kecil marah dan guling-guling di lantai mal saya biarkan. Yang paling tahu anak saya ya saya sendiri. Orang lain boleh menghakimi saya tapi jangan hakimi anak-anak saya. Mereka (pengunjung mal) bilang; kok anaknya dibiarkan guling-guling ke lantai, sih? Oh come on, Anda tidak tahu kondisi anak saya. Jadi, jangan komentar aneh-aneh soal anak saya,” ujar Suci dalam sesi wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com.
    
Agatha Suci punya cara sendiri dalam mendidik putra-putrinya. Ia mengajarkan anak-anak disiplin dan hidup teratur. Untuk mendidik anak menjadi pribadi disiplin dan teratur, orang tua harus memberi contoh. Di rumah, Agatha Suci memang dikenal disiplin. Ia mengelompokan peranti makan dan meletakkannya di area dapur. Jadi, ketika anak-anak ingin mengambil piring misalnya, mereka tahu dapur bagian mana yang mesti dituju.
    
“Saya hidup sangat teratur. Dimana saya meletakkan barang sampai kapan harus melakukan kegiatan A, B, dan C, semua ada aturannya. Ini untuk memudahkan si bungsu yang mengalami speech delay untuk melakukan kegiatan. Ia tahu kalau lapar mengambil piring dimana, gelas dimana, dan nasi dimana,” ujar Agatha Suci di Jakarta, pekan lalu. 
    
Hal lain yang tak kalah penting, berdiskusi dengan suami terkait pendidikan dan pola komunikasi yang mesti diterapkan kepada si kecil. Beruntung, suami Agatha Suci (Jeffry Thung-red) sangat baik dan pengertian. “Untuk terapi, saya dan suami bahu-membahu. Ndilalah, suami saya bekerja di rumah. Ini memudahkan kami dalam berkoordinasi,” pungkasnya. 

(wyn/ari)

Penulis Wayan Diananto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.