Hari Musik Nasional, Vidi Aldiano Soroti Pembajakan

Siti Nahdiatul Fata | 9 Maret 2017 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, 9 Maret 2017, diperingati sebagai Hari Musik Nasioal. Bertepatan dengan momen istimewa ini, Vidi Aldiano mengungkapkan kegelisahannya pada praktek pembajakan yang semakin marak akhir-akhir ini.

"Gue sendiri dari dulu sudah geram banget sama pembajakan di sini. Musisi mana sih yang enggak geram, musik karyanya dibajak orang?" ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, kemarin.

Pelantun lagu Status Palsu itu mengatakan pemerintah sebenarnya sudah mulai bergerak  menindak pelaku pembajakan. Namun, menurutnya, upaya tersebut belum maksimal.

"Gue tahu sudah banyak upaya buat mengatasi pembajakan dari pemerintah atau afiliasi musik di Indonesia mereka juga mulai bergerak. Tapi masih kurang maksimal, jadi mudah-mudahan lebih dipercepat lagi pergerakannya dan peraturan-perarurannya juga lebih diperketat lagi nantinya," jelas Vidi Aldiano.

Diakui Vidi Aldiano sosial media punya peran besar dalam perkembangan industri musik Indonesia. Karena tak sedikit masyarakat yang menikmati musik musisi Tanah Air melalui sosial media.

"Sosial media punya peran besar di (perkembangan) musik Indonesia. Jadi apa yang berkualitas dan orang suka bisa langsung viral di masyarakat," kata dia.

"Sekarang luar biasa, siapapun bisa bermusik, sekarang siapapun bisa mengeluarkan karyanya dan kita tuh sudah bukan follower lagi. Jadi kita juga ikut produksi walau pun enggak terlibat di satu label rekaman," tambah Vidi Aldiano. 

(fata/ari)

Penulis : Siti Nahdiatul Fata
Editor: Siti Nahdiatul Fata
Berita Terkait