4 Lomba Tujuh Belasan Paling Seru versi Indah Permatasari

Wayan Diananto | 20 Agustus 2017 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun ini, Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-72. Perayaan tidak hanya dilakukan dengan upacara dan pengibaran Sang Merah Putih.

Di kompleks perumahan, perkantoran, sekolah, hingga perkampungan, masyarakat memperingati kebebasan dari penjajahan dengan menggelar beragam lomba.

Aktris Indah Permatasari (20) punya kenangan manis saat mengikuti berbagai lomba tujuhbelasan di sekolah maupun sekitar rumah.

Bintang iklan produk ekstrak kulit manggis ini semasa sekolah bahkan dikenal sebagai ratu lomba. Ia memenangi banyak lomba.

“Lomba tujuh belasan itu salah satu momen yang saya rindukan. Dulu saat SD, lomba tujuh belasan selalu bikin penasaran. Sayangnya, sekarang eforia lomba menurun. Padahal, kompetisi itulah yang menyatukan dan membuat kita kompak,” ungkap Indah di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, minggu lalu.

Beranjak dewasa, Indah tidak bisa lagi ikut lomba. Indah kini sibuk merintis karier di dunia seni peran. Agustus ini misalnya, Indah bersiap meluncurkan film terbaru A: Aku, Benci dan Cinta. Selain itu, aktris kelahiran Makassar ini punya dua tabungan film yang belum dirilis yakni Takut Kawin dan Jomblo bersama sineas peraih 2 Piala Citra, Hanung Bramantyo.

Jomblo menandai kerja sama Indah dan Hanung untuk kali kedua.

“Mas Hanung tidak galak di lokasi syuting. Saya pernah diarahkan Mas Hanung di film Rudy Habibie. Ketika direkrut lagi untuk memperkuat Jomblo, saya tidak mengalami kesusahan untuk menyesuaikan diri dengan pola kerjanya. Saya ingin bekerja sama dengan Mas Hanung lagi,” Indah berharap.

Indah kini telah meraih popularitas. Andai Tuhan mengizinkan Indah kembali ke masa kecil, ia berharap bisa ikut lomba tujuh belasan lagi dan berebut hadiah lagi. Ada 4 lomba yang dirindukan Indah saat ini. Apa saja? 

1.    Tarik tambang
Meski tampil anggun di karpet merah, ada jiwa maskulin yang bersemayam di dalam diri Indah. “Sewaktu kecil, saya tomboi. Ketika SD atau SMP diajak ikut lomba tarik tambang, oh dengan senang hati saya lakukan. Kalau ada kelompok pertemanan terdiri dari 10 orang dan 8 di antaranya laki-laki, maka saya adalah 1 dari 2 cewek yang tersisa itu. Saya pernah menjuarai lomba tarik tambang, lo,” pamer Indah. 

2.    Memasukkan paku ke dalam botol
Ini lomba yang paling menjengkelkan bagi Indah. Setiap kali ikut lomba memasukkan paku ke dalam botol, ia selalu kalah. Entah Indah sedang tidak beruntung atau kurang konsentrasi saat berusaha meloloskan paku melewati bibir botol. 

3.    Balap karung
“Ah, ini lomba favorit saya!” seru nomine Pemeran Pendukung Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2016. Beberapa kali Indah memenangi kompetisi balap karung. Kuncinya satu, jangan sampai terjatuh di tengah pertandingan. “Saat jatuh, sakitnya tidak seberapa. Tapi malunya luar biasa karena dilihat tetangga. Kaki dan dengkul luka gara-gara balap karung mah sudah biasa. Habis lomba, kaki luka, di rumah biasanya saya diomeli Mama,” imbuh dia. 

4.    Makan kerupuk
Lomba yang satu ini paling nikmat dan bikin Indah geregetan. Kerupuk digantung dengan tali rafia. Lalu Indah dan peserta lain makan dengan posisi kedua tangan di belakang punggung. Tambah seru kalau kerupuk yang mau dimakan berayun-ayun. “Serius, itu bikin saya gemas. Setelah menang, hadiahnya buku. Orang bilang, 'Ya ampun, hadiahnya cuma buku.' Tapi entah kenapa saya, kok bahagia dan bangga sekali ketika dipanggil sebagai juara lalu menerima hadiah buku tulis itu,” tutup Indah. Anda pernah menjuarai lomba apa saja saat perayaan tujuh belasan?

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait