Kisah Shahnaz Haque Melepas Anak Gadis Bersekolah ke Kanada

Wayan Diananto | 9 September 2017 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pertengahan tahun ini, Shahnaz Haque (44) dan suaminya, Gilang Ramadhan (54), melepas putri sulung mereka, Pruistin Aisha (15), bersekolah ke luar negeri. 

Tidak tanggung-tanggung, Pruistin terbang ke Kanada. Kepergian Pruistin ke Kanada sebenarnya di luar rencana Shahnaz Haque. Mengapa?

“Awalnya saya membayangkan anak-anak bersekolah di Indonesia hingga tamat SMA. Mereka dibekali wawasan dan kecintaan terhadap negara. Baru kemudian kuliah ke luar negeri. Namun setelah melihat kecintaan Pruistin terhadap sofbol, rencana berubah. Sudah 9 tahun ia menjadi atlet. Lalu, datanglah kesempatan emas untuk melanjutkan sekolah di Burnaby North Secondary School (setara SMP-SMA—red.) Kanada,” beri tahu Shahnaz Haque di Jakarta, minggu lalu.

Di Kanada, Pruistin tak hanya mendalami sofbol. Shahnaz Haque mengatakan, di luar negeri, olahraga tak ubahnya pertunjukan seni. Anak-anak tidak hanya belajar menjadi atlet. 

Mereka belajar tentang bisnis pertandingan, bisnis jual beli atlet antarklub, sistem manajemen klub olahraga hingga menjadi dokter olahraga. Artinya, anak-anak diberi banyak pilihan. Lantas, dengan siapa Pruistin tinggal selama di Kanada?

“Saya menitipkan Pruistin kepada komunitas warga Indonesia di Kanada. Selain itu, Pruitin indekos. Ramadan kemarin saya, Gilang, dan kedua adiknya (Charlotte Fatima dan Mieke Namira -red.) mengantar Pruistin. Kami berlima menetap selama sebulan di Kanada. Selain itu, saya dan Gilang menandatangani kontrak dengan notaris untuk melindungi Pruistin selama tinggal di sana. Salah satu tujuannya, menghindarkan Pruistin dari perdagangan manusia,” urai dia.

Beruntung, Shahnaz Haque bukan tipe ibu yang gemar bermain drama di rumah. Nyaris tak ada tetes air mata saat berpisah dengan si sulung. Ia menggambarkan si sulung pribadi yang tangguh. 

Tahu minat dan bakatnya, lalu berupaya mengembangkan bakat itu. Pruistin, kata Shahnaz Haque, sangat nyaman dengan sekolah barunya. Melihat si sulung nyaman, tak ada yang bisa dilakukan Shahnaz Haque selain memberi dukungan.

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait