Pernikahan Kahiyang Ayu Putri Jokowi, Penyiar RRI yang Jadi MC

TEMPO | 3 Oktober 2017 | 20:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang penyiar radio di Solo, Taufiq Widodo dipercaya menjadi pembawa acara pesta pernikahan Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar pada November mendatang. Taufiq dikenal berpengalaman menjadi pembawa acara alias pambyawara dalam pernikahan dengan adat Jawa.

"Sudah lebih dari 30 tahun," katanya saat ditemui Senin malam 2 Oktober 2017. Pekerjaan sampingan itu ditekuni seusai lulus dari kuliah.

Menurut Taufiq, kebetulan dia lulusan dari Jurusan Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Hal itu yang membuatnya fasih menggunakan Bahasa Jawa halus dan sangat menguasai tata cara pernikahan dengan adat Jawa.

Selama ini penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) Solo itu merupakan pengasuh program budaya di radio tempatnya bekerja. "Selama ini permintaan menjadi pambyawara berdatangan dari Solo, Surabaya hingga Bandung," kata pria berusia 55 tahun itu.

Beberapa tahun lalu, Taufiq juga mendapat kepercayaan menjadi pambyawara pernikahan Gibran Rakabuming, putra Presiden Jokowi. "Sehingga sudah tidak ada persiapan khusus untuk acara ini," katanya.

Dalam pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, mendatang, Taufiq tidak hanya sendirian. Dia akan ditemani empat pambyawara lain. "Sebab acaranya dari pagi sampai malam," katanya.

Pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution digelar di gedung Grha Sabha pada 8 November mendatang. Acara resepsi pernikahan menggunakan adat Jawa dalam versi lengkap.


TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait