Nadine Chandrawinata Angkat Bicara Soal Penggunaan Bom Ikan

Wayan Diananto | 18 November 2017 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nadine Chandrawinata (33) diangkat sebagai Duta Wisata Bahari WTP Forum. Momen itu dijadikan Nadine Chandrawinata untuk memperlihatkan keseriusannya dalam menyelamatkan lingkungan hidup. Ia mengatakan, jabatan sebagai Duta Wisata Bahari membuatnya makin sering diundang ke sejumlah daerah untuk bicara soal penyelamatan lingkungan hidup. Namun, ia belakangan kian selektif dalam menerima tawaran melawat ke sejumlah daerah.

 

Untuk mendatangkan Nadine Chandrawinata, ada syaratnya. Yakni, daerah tersebut sudah melakukan upaya penyelamatan lingkungan hidup. "Kalau baru mau melakukan, (saya mesti cek) sudah ada itikad untuk ke arah sana tidak? Kalau ada aksi nyata, saya akan senang untuk datang dan bekerja di daerah itu. Kalau sekadar formalitas maaf saya tidak bisa," tegas Nadine dalam konferensi pers Duta Wisata WTP Forum di Jakarta, Jumat (17/11) kemarin.

Kalau warga daerah itu kedapatan masih memakai bom ikan yang merusak terumbu karang, Nadine Chandrawinata akan mengecek apakah pemerintah daerah setempat telah menyikapi isu dan insiden itu. Kalau ada inisatif untuk melakukan perubahan, ia dengan senang hati akan membantu. Nadine Chandrawinata mengaku pernah bekerja di sebuah daerah untuk menyelamatkan lingkungan laut selama 4 tahun.

"Saya mengajari warga setempat diving yang ramah lingkungan, saya mengajari ibu-ibu PKK, mengajari nelayan terkait perairan mana saja yang sebaiknya tidak dipancing karena terumbu karangnya masih sangat bagus serta harus dijaga. Saya ini hanya jembatan yang menghubungkan masyarakat setempat dengan alam. Kuncinya komunikasi," ujar Nadine Chandrawinata.

Sebagai informasi, WTP Forum merupakan forum bersama bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyatukan visi tentang Indonesia sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait