Ini Nasihat Jokowi untuk Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Binsar Hutapea | 25 November 2017 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam acara puncak adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Presiden Jokowi menyampaikan nasihat untuk kedua mempelai menggunakan bahasa Mandailing.

Nasihat itu disampaikan Jokowi dalam prosesi ajar poda(memberi nasihat). Dalam nasihatnya, Jokowi mengatakan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution harus saling mencintai sebagai suami istri.

“Kita diajarkan, holong do maroban domu, domu maroban parsaulian, kasih sayang membawa persatuan, persatuan membawa kebaikan bersama. Ada beberapa hal yang Ananda berdua amalkan, pantun hangoluan, teas hamatean, untuk itu harus menjaga sopan santun, jika tidak menjaga sopan santun maka malapetaka akan datang,” kata Jokowi, Sabtu (25/11).

Selanjutnya, Jokowi meminta agar keduanya "suan tobu di bibir dohot ate-ate" yang artinya manis bukan hanya di mulut tapi juga dihati. Selanjutnya "tangi di siluluton, inte di siriaon".

“Artinya, jika ada kemalangan walaupun tidak diundang kita wajib untuk datang dan menolong, tapi jika ada kegembiraan kita hanya wajib datang kalau diundang. Bahat disabur sabi, anso bahat salongon. Kalau kita banyak menanam maka kita banyak memetik hasilnya,” ungkap Jokowi.

Usai mendengarkan ajar poda, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution manortor (menari tortor) di hadapan kedua orang tua. Prosesi itu disebut dengan tortor somba atau tarian sebagai tanda terima kasih dan penghormatan.

Prosesi tortor somba menjadi penutup rangkaian acara adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang diadakan sejak Jumat, (24/11) kemarin.

(bin/ari)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait