Banjir Jakarta, Sandiaga Uno: Allah Lagi Ngirimin Hujan

TEMPO | 12 Desember 2017 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah jalan protokol di Jakarta tergenang banjir akibat hujan lebat pada Senin (11/12) siang. “Ini adalah fenomena alam. Allah lagi ngirimin hujan," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, di Balai Kota, Senin petang.

Sandiaga Uno menjelaskan banjir yang terjadi di sejumlah ruas jalan protokol, seperti Rasuna Said, disebabkan karena volume air. Menurutnya, hujan angin  dan banjir tersebut  merupakan fenomena alam sehingga manusia tidak akan bisa melawan alam. "Jangan bilang ini pasti surut atau banjirnya cuma segini. Enggak.”

Meski beberapa wilayah tergenang banjir, Sandi mengaku tak akan mengganggu kerja para bawahannya dengan terus memberikan laporan setiap saat. Sebab, ia mengaku bisa memantaunya dari aplikasi Pantau Banjir dari Jakarta Smart City.

Sandiaga Uno kemudian menunjukkan ponselnya. Ia menyebutkan berbagai data mengenai kondisi banjir di sejumlah wilayah, juga status pintu air di Jakarta, dan pompa air.

"Jadi ini yang bisa saya pantau. Tidak usah khawatir teman-teman SKPD. Sekarang di saat-saat yang ini, saya enggak mau merepotkan mereka untuk memberikan laporan ke saya. Yang penting pelayanan kepada publiknya all out," kata dia.

Untuk antisipasi selanjutnya, Sandiaga Uno akan menyiapkan pompa beroperasi normal, menyiapkan karung pasir, memastikan saluran air bersih dari kotoran yang menyumbat, dan drainase selancar mungkin.

Selain itu, Sandiaga Uno meminta agar masyarakat tidak panik menghadapi banjir. "Kami ingin antisipasi tadi yang sudah selalu kami ingatkan, siaga, tanggap, dan galang," katanya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait