Ruth Sahanaya Ungkap Dua Fase Terberat Menjadi Ibu

Wayan Diananto | 15 Desember 2017 | 01:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ruth Sahanaya (51) dan Jeffry Waworuntu dikaruniai dua anak, Nadine Emmanuella (22) dan Amabel Odellia Waworuntu (17). Setelah kedua anaknya beranjak remaja, Ruth Sahanaya mengaku tak memberlakukan jam malam lagi. Terakhir, Ruth Sahanaya memberlakukan jam malam saat Nadine dan Amabel kelas 3 SMP. Pemilik album Kasih beralasan, kegiatan anak sekolah zaman sekarang beda dengan generasinya dulu.

 

"Saat ini saya menerapkan asas kebebasan yang bertanggung jawab. Nadine menyadari hal itu. Dia tahu bahwa saya dan Papa Jeffry akan kecewa sekali ketika kebebasan yang kami berikan disalahgunakan. Sesibuk-sibuknya Nadine dan adiknya sekolah, kalau ada masalah larinya ke siapa kalau bukan ke ibunya?" ujar Ruth Sahanaya di Jakarta, pekan ini.

Ruth Sahanaya percaya, kelak saat anak-anak berumah tangga lalu punya anak untuk kali pertama, mereka akan menghubunginya untuk menanyakan cara memandikan atau menenangkan bayi saat menangis. Menjadi ibu, kata Ruth Sahanaya, tanggung jawab seumur hidup. Pelantun “Kaulah Segalanya” kemudian mengungkap dua fase terberat menjadi ibu. Pertama, saat melahirkan anak. Benar kata orang, melahirkan anak itu sakitnya antara hidup dan mati.

"Tapi, justru di fase terberat itulah seorang ibu merasakan kebahagiaan terbesar. Ibu mana yang tidak bahagia mendengar tangis bayinya? Saya merasakannya dua kali. Fase terberat lainnya, peralihan dari anak ke remaja alias masa puber. Itulah masa dimana anak-anak merasa sudah dewasa, bisa melakukan banyak hal sendiri, tapi ternyata belum sepenuhnya mampu. Dibutuhkan kesabaran segunung untuk mendampingi anak-anak di fase itu," pungkas Ruth Sahanaya.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait