Ahok Gugat Cerai: Sebagian Pendukungnya Memihak Veronica Tan

TEMPO | 10 Januari 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keputusan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menggugat cerai istrinya, Veronic Tan, ditanggapi beragam oleh pendukungnya.

Banyak pendukung yang menilai perceraian adalah urusan pribadi Ahok dan Veronica, sehingga tak ada hubungannya dengan politik dan kebijakan Ahok semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun, tak sedikit yang menyayangkan keputusan Ahok tersebut, bahkan berupaya agar Ahok membatalkannya.

Warga Bogor bernama Lisa Gunawan, 46 tahun, secara spontan membuat petisi online di laman change.org dengan judul 'Batalkan Gugatan Cerai Pak Ahok Kepada Ibu Veronica Tan' pada Senin, 8 Januari 2018. Sehari kemudian, Selasa, 9 Januari, sekitar pukul 14.02 WIB, sudah 8.560 orang menandatangani petisi buatan Lisa tadi.

"Iya, itu saya kaget juga (tahu sudah sebanyak itu yang mendukung)," katanya kepada Tempo hari ini, Selasa (9/1).

Lisa memihak Veronica Tan dan cenderung menyalahkan Ahok ia telah bersumpah sehidup-semati dengan Veronica dalam janji pernikahan mereka pada 1997.

Alasan yang kedua berkaitan dengan sifat asli Ahok. "Pak Ahok, kan orangnya emosian, ya, saya harap dia mikir lagi, jangan sampai pisah," tutur Lisa.

Itu sebabnya, Lisa meminta Ahok agar membatalkan tuntutan perceraiannya. Lisa berharap, Ahok mau memikirkan ulang keputusannya menceraikan Veronica.

Lisa mengetahui kabar rencana perceraian itu dari pemberitaan media pada Senin, 8 Januari 2018. Sontak grup Facebook relawan Ahok, tempat dia bergabung, ramai dengan ungkapan sedih bahkan tak percaya atas keputusan niat Ahok menceraikan istrinya.

"Teman-teman di grup pada terkejut dengar kabar itu. Dia figur panutan yang kami banggain banget," ucap wanita wiraswasta yang akrab disapa Lisa Ocha tersebut.

Menurut Lisa, para anggota grup itu berharap Ahok tidak berpisah dengan Veronica. Maka secara spontan, Lisa berinisiatif membuat petisi online di laman change.org dengan judul 'Batalkan Gugatan Cerai Pak Ahok Kepada Ibu Veronica Tan.'

Dalam petisi tersebut, Lisa yang mengaku penggemar berat Ahok, mengungkapkan keterkejutannya soal kabar Ahok gugat cerai Veronica Tan yang gugatannya dilayangkan pengacara Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Jumat, 5 Januari 2018.

Lisa belum mengetahui cara menyampaikan hasil petisi 'menolak Ahok gugat cerai Veronica Tan' itu kepada Ahok di Rutan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Namun, dia berharap ada seseorang yang mau menyampaikannya kepada Ahok.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait