Soal Ge Pamungkas - Joshua Suherman, Ernest Prakasa: Harus Siap Tanggung Jawab

Abdul Rahman Syaukani | 10 Januari 2018 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ernest Prakasa mengatakan apapun yang diungkapkan oleh seorang komika lewat materinya, harus bisa dipertanggungjawabkan ke publik. Termasuk ketika sang komika menyinggung masalah sensitif seperti Tuhan atau agama. Seperti kasus yang dialami Joshua Suherman dan Ge Pamungkas.

"Terlepas dari kondisi politik, kondisi apapun, selalu harus siap bertanggung jawab. Sesimpel itu aja sih. Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggung kah, ada yang mempermasalahkan atau enggak. Kita harus siap sama resikonya," kata Ernest Prakasa, di bilangan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Ernest Prakasa mengatakan seorang komika bebas membawakan materi apapun dalam aksi panggungnya. Namun ketika ada yang menyoal materi tersebut, lagi-lagi Ernest meminta sang komika harus siap bertanggung jawab.

"Sebenarnya sama aja kayak musik gitu. Apakah di dalam musik mau pakai aliran apa kan bebas. Cuma misalnya ada yang protes atau ada yang nggak suka ya ditanggung sendiri. Seniman sebenarnya kan gitu sih, bertanggung jawab untuk karya masing-masing," papar Ernest Prakasa.

Sekitar 7 tahun menjadi seorang komika, Ernest Prakasa mengaku sudah mengalami banyak hal. Oleh karena itu, dia pun sangat berhati-hati dalam membawakan materi. 

(man/ari)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait