Chicha Koeswoyo Prihatin dengan Perilaku Anak Zaman Now

Abdul Rahman Syaukani | 2 Mei 2018 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Chicha Koeswoyo mengakui perubahan zaman membuat segalanya berubah, termasuk cara bermain anak-anak. Jika dulu di masa kecilnya Chicha Koeswoyo dan kawan-kawannya terbiasa main congklak, karet, dan sejenisnya, permainan semacam itu sudah nyaris tak ada lagi dimainkan oleh  anak-anak.

"Kalau dulu saya main congklak, karet gitu, ya. Sekarang all the kids into gadget," ucap Chicha Koeswoyo yang di era tahun 70-an dan 80-an populer sebagai penyanyi cilik dengan lagu hit "Helly", saat berkunjung ke kantor Tabloidbintang.com.

Chicha Koeswoyo berharap para orang tua seharusnya tetap memperdengarkan lagu anak kepada putra-putrinya agar mereka bisa berkembang sesuai dengan perkembangan usia. Jika gadget sudah menjadi suatu keharusan bagi kids zaman now, Chicha Koeswoyo meminta anak untuk disuruh nonton lagu anak melalui gadget.

"Anak pada pegang HP oke. Kalau anak enggak bisa tinggalin HP, berarti mesti dong, punya chanel khusus anak untuk memproklamirkan lagu anak-anak lagi. Dibuat animasi gitu. Pokoknya lagu anak dibuat kekinian," tutur Chicha Koeswoyo.

Dia pun sedih karena saat ini lagu-lagu anak sudah mulai jarang diproduksi. Akibatnya anak-anak zaman now cenderung menyanyikan lagu milik orang dewasa. Chicha Koeswoyo berharap ada yang memperhatikan masalah ini.

"Sedih bangetlah. Ya itu kembali lagi, ya. Memang semua lagi enggak ketebak, ya termasuk di industri musik sekalipun. Tapi kalau semua setuju anak harus berkembang sesuai perkembangan usianya, harus ada lagu anak-anak. Misalnya lagu anak tentang menghormati orang tua dan yang lainnya. Bikin sesuatu yang relate dengan kehidupan anak-anak," papar Chicha Koeswoyo.

(Man/ind)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait