Baby Dinata, Berbagi Ilmu Mendekorasi Rumah dengan Barang Bekas

Yuriantin | 20 Mei 2018 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dengan barang bekas dan barang tak terpakai, Baby Dinata berkreasi menghias rumahnya.

Hasilnya, hunian yang nyaman dan asri. Sukses mempercantik rumahnya, Baby menularkan kreativitasnya lewat komunitas Upload DIY yang ia dirikan.

Sejak memilki rumah pribadi 4 tahun silam, Baby berkreasi dengan barang bekas. Ia mulai dengan membuat lampu dari tudung nasi aluminium dan membuat kotak P3K dari kaleng bekas. Saat itu, Baby tertarik menghias rumahnya dari barang yang ada di sekitarnya.

"Ada kebanggaan tersendiri melihat hasil karya dari barang yang biasa kita remehkan, justru berdampak baik untuk diri dan lingkungan," Baby beralasan.

Dari kreasi barang bekasnya, wanita yang berdomisili di Depok ini mendekorasi rumahnya dengan tema daur ulang.

Hobi ini juga Baby sebarkan lewat media sosial. Ia ingin berbagi ilmu dengan para pengikutnya di Instagram. Tahun 2014, Baby mulai dengan mengunggah foto hasil kreasinya dan memberikan tutorial rutin. Wanita yang hobi mendekor sejak kecil ini juga melayani pertanyaan para pengikutnya.

"Karena semakin banyak peminatnya, saya inisiatif membuat Instagram khusus dengan nama @upload_diy (Do It Yourself). Komunitas ini berdiri 30 Oktober 2016 lalu," kenang Baby.

Ia ingin komunitas ini menjadi wadah berbagi pengetahuan dan kreativitas.

"Semoga juga bisa membuka peluang bisnis, membuka jaringan dan memberdayakan masyarakat khususnya perempuan di Indonesia," Baby berharap.

Punya lebih dari 25 ribu anggota, Baby tak kehilangan akal membangun kreativitas para anggota. Salah satunya dengan membuat tantangan tematik.

"Biar tidak membosankan, tantangan ini tidak terpaku pada prakarya. Bisa ada makeup challenge, fotografi, memasak atau pun tema lain," cerita wanita yang pernah berprofesi sebagai guru TK ini.

Menurutnya, para anggota juga dituntut aktif berbagi ilmu lewat kelas-kelas yang diadakan.

"Pemberi materi memang dari anggota sendiri supaya para anggota juga bisa berlatih dan belajar percaya diri berbicara di depan umum," beri tahu Baby.

Di luar komunitas, Baby juga rutin membagikan ilmunya sebagai pembicara. Awal Mei kemarin, Baby menjadi narasumber kelas kreatif dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Undangan ini datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kesempatan itu, Baby mengajak anak muda terus mengasah kreativitas.

"Seiring berjalannya waktu, semakin sedikit anak atau remaja yang melatih kreativitas. Padahal hobi yang dijalankan dengan tekun bisa mendatangkan keberhasilan," Baby berpesan.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait