Jefri Nichol: Kalau Tangan Kanan Berbuat Baik, Tangan Kiri Tidak Perlu Tahu

Wayan Diananto | 27 Mei 2018 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bulan lalu, Jefri Nichol (19) digunjing warganet setelah kebaikannya disebar sopir ojek online. Kala itu, Jefri menggunakan jasa ojek online untuk pulang ke rumah.

Di tengah jalan, ia melihat seorang pemulung. Tergerak belas kasihan, Jefri meminta pengemudi ojek mampir ke anjungan tunai mandiri untuk mengambil uang dan ke restoran cepat saji membeli makanan. Ia kembali ke pemulung yang duduk di pinggir jalan.

Kepada si pemulung, Jefri memberikan uang 2 juta rupiah dan makanan. Sesampainya di rumah, Jefri membayar ongkos ojek dan memberi si pengemudi makanan yang sama.

Tukang ojek ini tidak tahu Jefri aktor yang sudah beberapa kali mencetak box office. Curhatan tukang ojek soal kebaikan hati Jefri kemudian menghiasi akun gosip dan viral. Sejak itu, Jefri diburu media.

Makin diburu, ia malah menutup diri. Saat dikejar jurnalis dan ditanya motivasi menolong pemulung, ia menjawab ringkas, “No comment.” Akhir bulan lalu, saat dicegat wartawan lagi, ia hanya bilang, “Orang tua mengajari saya membantu orang lain semaksimal mungkin, dengan cara apa pun.”

Ia enggan menjelaskan bantuan yang dimaksud karena tidak mau terkesan pamer. Pekan lalu, Jefri mengumumkan proyek layar lebar terbaru, Dear Nathan 2, yang diadaptasi dari novel Hello Salma.

Dear Nathan 2 di bawah naungan Rapi Films kembali mempertemukan Jefri dengan Amanda Rawles. Dalam sesi wawancara empat mata, Jefri mengungkapkan alasan yang sebenarnya mengapa terkesan tertutup saat membahas bantuan untuk pemulung.

“Berbuat baik mah, berbuat baik saja. Agama mengajari saya kalau tangan kanan berbuat baik, tangan kiri tidak perlu tahu. Kalau berbuat baik tidak perlu disebar-sebarkan atau dipamerkan ke orang lain. Allah yang Maha melihat akan mengganjar amal baik kita,” ujarnya.

Aktor kelahiran 15 Januari itu menambahkan, “Kemarin itu tidak sengaja tersebar ke medsos dan muncul di akun gosip, mau bagaimana lagi? Satu-satunya doa saya saat kabar itu viral, semoga menggerakkan hati orang lain untuk membuat kebaikan.”

(wyn /gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait