Bumi Manusia Pramudya Ananta Toer dan Petisi untuk Iqbaal Ramadhan

Wayan Diananto | 9 Juni 2018 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Terpilihnya Iqbaal Ramadhan sebagai Minke di film Bumi Manusia memantik pro kontra. Sebuah petisi bertajuk “Tolak Iqbaal Ramadhan (Dilan) Memerankan Minke dalam Film Bumi Manusia” diunggah ke situs web Change.org. Sampai artikel ini disusun, petisi itu mendapat dukungan lebih dari 400 orang. Kabar ini sampai di telinga Iqbaal dan produser Falcon Pictures, Frederica. Erica, demikian Frederica disapa, menanggapi santai penolakan warganet.

“Saya melihat itu. Namun kami harus percaya dengan apa yang sedang kami buat. Kami tahu apa yang terbaik untuk film ini. Berikan kesempatan untuk Iqbaal dan Hanung. Iqbaal pernah mengalami pukulan berat sebelum syuting Dilan 1990 sampai saya bilang kepadanya, 'Kamu matikan dulu semua akun media sosial. Kamu fokus saja ke pendalaman karakter. Kami ada di belakangmu untuk mendukung,’” beber Erica, pekan lalu.

Bagi Erica, petisi buat Iqbaal adalah kisah yang sama dalam proyek berbeda. Orang bebas berpendapat. Erica mengingatkan, Iqbaal dipilih sebelum film Dilan 1990 tayang. Saat reading naskah Dilan 1990, Erica menjajaki kemungkinan Iqbaal tampil di Bumi Manusia. Mantan personel CJR itu memberi sinyal positif. Ia sudah membaca karya Pramoedya Ananta Toer 2 tahun lalu. Buku itu, kata Iqbaal, menjadi salah satu tugas sekolahnya. 

Usai membaca Bumi Manusia, Iqbaal menyatakan, “Sebenarnya saya sedikit banyak terkoneksi dengan sosok Minke. Saya 2 tahun bersekolah di luar negeri, berusaha mempertahankan karakter sebagai orang Indonesia. Namun di sisi lain saya juga berusaha untuk menjadi warga global yang beradaptasi dengan semua orang dari penjuru bumi. Minke pun demikian.”

Alasan lain terpilihnya Iqbaal, faktor usia. Beberapa warganet merekomendasikan Reza Rahadian untuk melakoni peran Minke namun Erica mengulas, usia yang dibutuhkan buku itu adalah 17 sampai 20 tahun. Usia itu tidak jauh dari usia Iqbaal. Diakuinya, aura aktor Iqbaal belum setara dengan Reza, tapi fakta bahwa bakat seni Iqbaal sudah tampak sejak ia berusia 10 tahun tak bisa diabaikan. Iqbaal dipilih bukan karena Dilan 1990 meraih 6,3 juta penonton lebih.

“Kan kami tidak tahu Dilan 1990 bakal sesukses itu. Sebenarnya, Iqbaal bukan pilihan tunggal. Hanung mengajukan beberapa pemain. Sebagai rumah produksi jelas kami melihat secara komersial. Maunya, Bumi Manusia ditonton banyak orang,” sambung dia.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait