Kenali Orang Tua yang Membentuk Masa Depan Anaknya dengan Tipe Tukang Kebun

Rizki Adis Abeba | 16 Juni 2018 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alison Gopnik, psikolog dan profesor psikologi di Universitas California, Berkeley, AS juga menjabarkan tipe orang tua tukang kebun sebagai orang tua yang membiarkan anak-anak tumbuh sesuai intuisi dan minat masing-masing.

Peran orang tua, menciptakan ekosistem yang terbaik untuk anak tumbuh. “Mereka menciptakan ekosistem yang kaya, subur, serta beragam dan dinamis sebagai tempat anak-anak bertumbuh,” jelas Gopnik. 

Anak-anak juga manusia, yang hidup dengan mengikuti naluri alami. “Atas semua perbedaan kecil yang sering diperdebatkan dalam teori pengasuhan anak—seperti tidur bersama atau tidur terpisah hingga seberapa banyak tugas sekolah yang pantas diberikan untuk anak—ternyata data menunjukkan, tidak ada satu pun dari teori itu yang membuat perbedaan besar dalam bagaimana anak akan tumbuh dalam jangka waktu panjang,” beber Gopnik.

Orang tua tukang kebun menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis sebagai tempat anak tumbuh, menyekolahkan anak di sekolah terbaik, memantau lingkungan pergaulan anak tetapi tidak mencampuri.

“Membiarkan mereka tumbuh sendiri (sesuai intuisi) bukanlah ide buruk. Kita tahu anak-anak akan menemukan cara mereka sendiri. Ketika mereka bermain sesuatu, sepak bola misalnya, mereka tidak hanya belajar cara menendang bola, tetapi secara alami mereka mempelajari cara memimpin tim, cara membagi kelompok,” Gopnik memberi contoh.

Membekali diri dengan ilmu demi menjadi orang tua yang baik, perlu. Namun jangan jadikan semua ilmu dan teori yang Anda telan sebagai pembatas kebebasan anak. Sebaliknya, manfaatkan untuk menciptakan ekosistem terbaik bagi anak agar mereka bisa tumbuh sesuai naluri.

“Tugas kita bukan membentuk pikiran anak-anak. Melainkan membiarkan pikiran mereka mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan di dunia ini,” pungkasnya.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait