Iqbaal Ramadhan: Saya Ini Dilan atau Minke?

Wayan Diananto | 21 Juli 2018 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat kontroversi seputar film Bumi Manusia yang berujung petisi menolak Iqbaal Ramadhan (18) sebagai Minke memanas awal bulan lalu, Iqbaal memilih diam.

Kala itu, publik bertanya-tanya apa yang dilakukan Iqbaal saat bola panas Bumi Manusia menerjang? Rupanya, pemeran Dilan sibuk reading naskah dan mendalami alur hidup Minke. Iqbaal harus meyakinkan orang-orang, bahwa ia Minke.

“Saya tidak menyalahkan opini orang. Saya harap pembaca Bumi Manusia memberi saya dan pemain lain kesempatan untuk melakukan yang terbaik dulu. Jangan setop kami mengingat ini proyek besar yang dinanti banyak orang. Setelah hasil akhirnya muncul dan kalian menonton, silakan membuat penilaian. Wajar (ada kontroversi), mengingat yang mencintai Eyang Pram (Pramoedya Ananta Toer—red.) dan buku ini sangat banyak,” Iqbaal memulai percakapan.

Akting yang berhasil adalah yang mampu membuat penonton sulit membedakan mana aktor asli dan mana karakter yang diperankan. Iqbaal berupaya mencapai level itu. Ia siap jika suatu saat Dilan dan Minke lebih populer ketimbang dirinya sendiri.

“Kalau ditanya saya ini Dilan atau Minke, saya tidak bisa menjawab. Penontonlah yang bisa menjawab karena itu sudut pandang mereka. Saya tidak pernah memakai jaket jin untuk aktivitas sehari-hari atau naik motor ke tempat lain karena bagaimana pun saya Iqbaal. Buat saya lebih keren Iqbaal daripada Dilan, ha ha ha,” ungkap Iqbaal, kemudian tertawa lepas.

Selain membaca naskah berkali-kali, Iqbaal mempelajari bahasa Jawa dan Belanda. Ia juga menambah berat badan dengan banyak cara. Obrolan empat mata kami dengan Iqbaal sore itu tidak hanya membahas film. Iqbaal menanggapi polah perempuan yang mengklaim diri sebagai istrinya di jagat maya, mengeluhkan sempitnya privasi, dan statusnya yang kini tidak sendiri.

Popularitas ternyata ada harganya. Saking mahalnya harga popularitas setelah membintangi film Dilan 1990, Iqbaal sampai berujar, “Andai saya diperbolehkan untuk tidak mempunyai akun Instagram, tentu saya akan melakukannya.” Ada apa dengan Iqbaal?

(wyn / han / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait