Mawar Eva de Jongh, Karir Moncer Sejak Jadi Miss Celebrity

Wayan Diananto | 28 Juli 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Alya, kamu di mana? Alya, ini Kak Nira, sayang,” teriak Nira sembari menyusuri lorong pabrik yang tidak lagi beroperasi karena pemiliknya bangkrut. Langkah Nira terhenti saat melihat sebuah gerobak kecil. Gerobak itu bergerak dengan sendirinya menghampiri Nira. Alangkah syok Nira mendapati di dalam gerobak itu ada jasad adiknya. Ia menangis tersedu-sedu sementara sahabatnya, Raka, berupaya menenangkan.

Itulah sepenggal adegan film Tumbal: The Ritual. Karakter Nira diperankan dengan apik oleh Mawar Eva de Jongh (16). Dalam film karya Tema Patrosza itu, Mawar beradu akting dengan Rayn Wijaya, Shenina Cinnamon, hingga aktor senior August Melasz.

Akting bukan hal baru bagi Mawar. Usia 8 tahun, ia ikut kontes model di kampung halamannya, Medan, Sumatra Utara. Penyelenggara kontes itu bekerja sama dengan sebuah rumah produksi di Jakarta. Mawar menang lalu diterbangkan ke Ibu Kota untuk membintangi dua FTV. 

Melihat bakat akting putrinya, Hartawati bangga namun ia meminta Mawar konsentrasi ke sekolah. Hartawati percaya, karier Mawar akan mekar saat yang tepat. Tujuh tahun kemudian, penggemar Chris Pine dan Emma Watson menjajal peruntungan lagi di ajang Miss Celebrity 2015. 

“Saat diaudisi saya memamerkan bakat menyanyi, menari, dan memandu acara. Saya lolos di tingkat daerah, terbang lagi ke Jakarta. Saya melaju ke babak akhir dan meraih gelar Miss Celebrity,” kenang Mawar saat berkunjung ke kantor Bintang di Jakarta, pekan lalu.

Setelah menang Miss Celebrity, Mawar membintangi sejumlah sinetron di antaranya Haji Belajar Ngaji, Elif Indonesia, Super Puber, dan miniseri Pesantren & Rock ‘n Roll bersama Jefri Nichol. Ia juga tampil di film laris Promise dan London Love Story 2. Diakuinya, popularitas membuat privasi dan waktu untuk bermain menyempit. Namun Mawar tak menyesalinya.

“Saya tidak merasa kehilangan dunia remaja. Waktu berakting di depan kamera, saya sedang mengeksplorasi dunia remaja. Saat membintangi film Tumbal: The Ritual misalnya, saya beradu peran dengan bintang muda lainnya. Mayoritas rekan kerja saya seumur. Di lokasi syuting, kami berteman, akhirnya akrab. Di luar syuting, saya jalan bareng mereka,” ungkap penggemar serial kartun Spongebob, Tom & Jerry, dan The Fairly OddParents.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait