Kristin Yuliana Santosa Mengajak Wanita Terjun ke Dapur dengan Resep Sederhana

Yuriantin | 12 Agustus 2018 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah piawai membuat kue, Kristin tergerak berbagi di sebuah situs web berbagi resep pada tahun 2016. Tak berapa lama, resep Kristin mendapat label premium. Ini artinya resepnya paling banyak dibuat ulang.

Karena predikat ini, resep Kristin dikomersialkan. Bagi siapa yang mau melihat resep Kristin, harus membayar sejumlah uang dan tercatat sebagai anggota situs itu. Sayangnya, Kristin tak diberi tahu.

"Padahal tujuan awal saya berbagi gratis, jadi kalau tiba-tiba dikomersialkan saya enggak setuju," beber dia. 

Kristin beralih ke Instagram. Baru satu minggu membuat akun di Instagram, Kristin punya 10 ribu pengikut—kini pengikutnya sudah lebih dari setengah juta orang. Dengan semangat berbagi, ia rutin mengunggah foto kue-kue cantik olahannya. Biasanya Kristin mengunggah beberapa foto untuk kreasi kue yang sama. Selain resep, Kristin tak segan berbagi tip dan trik yang mudah dipahami. Mulai dari menulis keterangan foto sampai menjepret kuenya, ia kerjakan sendiri.

Kristin mengusung misi khusus. Ia ingin mengajak para wanita berani berkreasi di dapur.

"Kebetulan saya punya beberapa kenalan yang enggak berani terjun ke dapur. Saya ingin mendorong mereka agar percaya diri. Dengan resep yang simpel, para pemula bisa berhasil. Kalau berhasil, orang akan makin percaya diri," Kristin beralasan. 

Ibu tiga anak ini makin terpacu ketika mendengar cerita bahagia dari para pengikutnya.

"Ada yang berhasil bikin kue untuk dinikmati dengan keluarga sampai ada yang jadi berjualan kue. Hal itu yang bikin saya terus bersemangat berbagi," ujar Kristin. 

Soal keuntungan materi yang didapatnya, ia tak ambil pusing. Acap kali, ia menolak tawaran kursus dan demo membuat kue berbayar.

"Dari awal, memang murni saya berbagi untuk kepuasan batin. Saya lebih fokus ke acara meet & greet buku. Saya lebih suka menyapa para ibu-ibu di kota-kota sambil berbagi ilmu," imbuhnya. 

Bagi para ibu yang ingin autodidak membuat kue, Kristin berbagi rahasia suksesnya. Kuncinya, harus membaca resep dengan jelas serta rajin membaca tip dan trik.

"Harus pantang menyerah dan jangan menyalahkan resep. Kalau gagal, koreksi diri dan jeli. Biasanya ketika ada kesalahan, kita bakal merasakannya," pungkas dia.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait