Rangga Azof Bintang Film Kafir Bicara Soal Bahaya Kecanduan Game

Wayan Diananto | 11 Agustus 2018 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rangga Azof (29) suka bermain game alias gim sejak SMA. Bintang film Kafir: Bersekutu Dengan Setan itu menjelaskan, ada beberapa jenis gim yakni MMO (massively multiplayer online), FPS (First Person Shooter), dan gim olahraga.

"Saya kalau di rumah lebih suka memainkan gim tipe FPS. Bahasa simpelnya, main tembak-tembakan. Yang sedang tren di kalangan anak muda yakni Mobile Legend," terang Rangga Azof saat berkunjung ke kantor tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini.

Diakui Rangga Azof, perkembangan teknologi memungkinkan siapa pun bermain gim dimana saja dan kapan saja. Belakangan, teknologi juga memungkinkan orang bermain gim menggunakan perangkat VR (Virtual Reality). VR membuat pemain gim berkelana ke "dunia lain" dan menjadi orang lain seperti yang tergambar di film Ready Player One besutan sineas Steven Spielberg. Menyenangkan, namun Rangga Azof mengingatkan penggila gim agar bijaksana bermain VR.

"Kita, kan tidak pernah tahu seperti apa wajah teknologi dan gim 10 atau 15 tahun ke depan. Sekarang orang-orang bermain gim menggunakan VR yang menjebak mereka dalam dua versi kenyataan. Bukan tidak mungkin, orang akan makin malas bergerak ke luar rumah karena kenyataan di jagat maya terlampau mengasyikkan," Rangga Azof mengingatkan.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait