3 Saran Nirina Zubir Agar Sukses Berwirausaha

Wayan Diananto | 19 Agustus 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi yang ingin merintis usaha, Nirina punya sejumlah saran.

“Pertama, Anda harus bisa membedakan antara hanya ingin punya usaha dan benar-benar ingin punya usaha. Kalau cuma ingin punya usaha, biasanya seseorang hanya menanam uang dan maunya tahu beres. Kalau benar-benar ingin punya usaha, ia mau terlibat dari fase menggagas ide, rancangan desain, menu, dan detail lainnya,” beri tahu Na. 

Kedua, tidak ada istilah bisnis kecil-kecilan. Mereka yang mengatakan itu biasanya menjadikan bisnis sebagai aktivitas sampingan.

Ketiga, ubah pola pikir bahwa hal pertama yang harus dilakukan saat merintis bisnis adalah mengumpulkan uang.

“Menurut saya, hal pertama adalah memiliki ide orisinal, bukan mengumpulkan uang. Saat uang terkumpul tapi belum ada ide, ujung-ujungnya uang itu terpakai untuk keperluan lain. Ketika ide orisinal sudah ditemukan, kita bisa memperkirakan berapa banyak uang yang dibutuhkan sehingga lebih mudah bagi kita mengumpulkan modal, karena sudah ada gambaran,” ujar ibu dua anak ini.

Sibuk berbisnis tak mengurangi produktivitas Na di dunia akting. Bulan ini, ia merilis film terbaru DOA: Doyok, Otoy, Ali Oncom Cari Jodoh. Dalam film besutan Anggy Umbara itu, Na memerankan Elly. Yang disyukuri Na, Ernest memahami kesibukannya.

“Suami saya dari dunia seni juga. Ia memahami passion saya di bidang bisnis serta akting. Berbisnis bukan untuk persiapan pensiun dari dunia seni. Anggap saja keuntungannya untuk jalan-jalan sekeluarga, ha ha ha!” pungkas Na.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait