Dikenal Dunia, Yayan Ruhiyan Ingin Memopulerkan Pencak Silat kepada Anak Muda

Wayan Diananto | 8 September 2018 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penampilan Yayan Ruhian (49) di film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Naga Geni 212 menuai pujian. Sebagai pendekar golongan hitam, Yayan dinilai mampu mengimbangi performa Wiro (Vino G. Bastian).

Sejumlah pengamat film menyebut lewat film Wiro Sableng, alumni The Raid itu menemukan momentum yang sebenarnya.

Dikenal dunia tak membuat Yayan lupa pada mimpinya, memperkenalkan pencak silat kepada generasi muda. Ia senang di Asian Games 2018, para atlet pencak silat Indonesia memborong 14 medali emas dan 1 perunggu.

Setidaknya, masyarakat tahu selain bulu tangkis, Indonesia juga identik dengan pencak silat.

“Saya tidak mungkin berkiprah di arena olahraga. Cara saya memperkenalkan pencak silat kepada generasi muda, yakni membuat gerakan silat yang mudah diikuti anak-anak usia belasan. Sebab Wiro Sableng menyasar penonton usia 13 tahun ke atas,” akunya.

Kabar menyebut, sering digandeng rumah produksi luar negeri membuat Yayan tak lagi menerima honor dalam rupiah. Sejak turut terlibat di Star Wars: The Force Awakens, Yayan konon selalu dibayar dengan dolar.

“Honor dolar itu relatif, tergantung proyeknya ha ha ha!” celetuk Yayan seraya menambahkan, “Terlepas dari dolar atau rupiah, bagi saya yang penting bisa menjadi berkah buat istri dan anak.”

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait