Mesty Ariotedjo, Dokter Cantik yang Peduli Kesehatan Masyarakat Tak Mampu

Agestia Jatilarasati | 30 Oktober 2018 | 13:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mesty Ariotedjo (29) adalah sosok di balik lahirnya salah satu organisasi sosial yang bergerak di bidang kesehatan di Indonesia, WeCare.id.

Namanya masuk dalam jajaran pemuda yang mendulang sukses di bawah usia 30 tahun—khususnya di bidang kesehatan—di  kawasan Asia, versi majalah bisnis Forbes tahun 2016.

Mesty memang  lahir dari latar belakang keluarga mapan. Sang ayah, Arie Ariotedjo merupakan pebisnis handal dan kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Antam Tbk. Sedangkan ibunya, Asti Ariotedjo adalah salah satu sosialita terkemuka di Indonesia. 

Akan tetapi tumbuh di lingkungan yang nyaman tak membuat Mesty menutup mata  akan keadaan sekitarnya. Sejak usia belia ia punya panggilan hati untuk menolong sesama. Maka meski Mesty pandai memainkan harpa dan sempat mencicipi indahnya melenggang di panggung catwalk, ia memutuskan menjadi dokter.

Lulus dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada 2012, Mesty langsung mengabdi  di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur selama satu tahun.

“Selama bertugas di Ruteng banyak kejadian yang menggugah hati saya. Waktu itu, ada seorang pasien kecelakaan dan dia seharusnya dirujuk ke rumah sakit di Bali. Tetapi keluarga menolak karena keterbatasan biaya dan akhirnya pasien itu meninggal. Jadi, masyarakat di sana punya jaminan kesehatan tetapi fasilitasnya tidak memadai sehingga akhirnya banyak yang tidak tertata laksana dengan baik. Inilah yang menjadi awal terbentuknya WeCare.id di bulan Oktober 2015,” jelasnya saat ditemui Bintang beberapa waktu lalu.

WeCare.id merupakan sebuah situs yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien yang memiliki kemampuan finansial terbatas, khususnya di daerah terpencil.

“Kami membantu menjembatani apa yang kurang, misalnya ada pasien yang memiliki hambatan di akomodasi dan transportasi, atau kalau fasilitas yang diberikan kurang memadai maka kami membantu mencarikannya,” ujarnya.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait